BPBD Kota Pekalongan Antisipasi Hadapi Musim Hujan

Kota Pekalongan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan, Jawa Tengah masih melakukan kajian terkait antisipasi risiko bencana memasuki musim penghujan.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan Kota Pekalongan akan terjadi pada Januari 2022.

Kepala Pelaksana BPBD Saminta, di Pekalongan, Selasa (21/9) mengatakan, bahwa pihaknya tetap monitoring setiap hari dan koordinasi dengan BMKG untuk memperoleh informasi sebagai pedoman menentukan langkah antisipasi dan selalu siap siaga, apabila kemungkinan musim hujan maju lebih awal.

“Informasi dari BMKG kami jadikan pedoman untuk menentukan langkah-langkah dan melaksanakan koordinasi kepada pemangku wilayah baik camat, lurah dan sebagainya. Kami koordinasikan kondisi real setiap saat,” katanya.

Dia menambahkan ada beberapa titik rawan terjadi banjir, diantaranya Pekalongan Barat di wilayah Tirto, sepanjang pantai Meduri sampai Randujajar.  "Wilayah tersebut masih tetap menjadi perhatian kami,"ujar Saminta.