BPS Kota Pekalongan Gelar Survei IMK Tahunan

Kota Pekalongan – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekalongan menggelar survei Industri Mikro dan Kecil (IMK) tahunan pada beberapa usaha IMK di wilayah Kota Pekalongan.

Koordinator Fungsi Statistik Produksi BPS, Cisworejo saat ditemui dikantornya, Kamis (23/9), menyampaikan bahwa kegiatan sudah dilakukan mulai Agustus hingga akhir September 2021. Lanjutnya, sampel IMK yang didata sebanyak 345 usaha yang tersebar di empat kecamatan.

“Survei ini bertujuan untuk menyediakan basis data IMK berkualitas bagi pembuat kebijakan serta mengetahui profil IMK daerah potensi di Kota Pekalongan yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan perencanaan kegiatan ekonomi,” ungkap Ciswo.

Dalam kegiatan ini, petugas juga mengumpulkan data terkait dampak COVID-19 terhadap suatu usaha, baik dari bahan baku, pengurangan jam kerja dan lain-lain.

Ia menambahkan, ada sebanyak 15 petugas pendata lapangan dan petugas pengawas. Sebelumnya, para petugas diberikan pembekalan dan pelatihan secara daring pada 18-20 Agustus. Adapun jenis usaha yang didata beragam diantaranya industri tekstil baik konveksi maupun batik, usaha makanan, dan sebagainya.

“Mari kita dukung bersama dan sukseskan pelaksanaan survei IMK tahun 2021 untuk pembangunan usaha yang lebih baik,” pungkasnya.