Disdukcapil Demak Punya Berbagai Inovasi-Inovasi Permudah Pelayanan Publik

Demak – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Demak memiliki sejumlah inovasi untuk mempermudah pelayanan publik antara lain Duckcapil Njawani, SIAP OM, dan Dodiramah.

Perwakilan Disdukcapil Demak Lina Wulandari menjelaskan inovasi Disdukcapil Njawani.

“Tujuan Disdukcapil Njawani untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam konsultasi dan aduan seputar ajuan dokumen administrasi kependudukan yang bisa melalui WhatsApp. Jadi mereka tidak perlu lagi untuk datang konsultasi. Ini akan menjadi lebih efektif dan efisien,” katanya.

,"Pelayanan yang sudah kami berikan tentu saja berinovasi selalu dalam koridor untuk membahagiakan warga. Kami juga punya inovasi SIAP OM, jadi tidak perlu datang ke capil cukup dengan handphone masuk ke website kami di www.dindukcapil.demakkab.go.id, maka masyarakat dapat mengurus apa saja seperti KK, KTP, AKTA kelahiran atau apapun itu semua dokumen kependudukan," tambahnya.

Dirinya juga menjelaskan ada inovasi menarik dan unik kemudian praktis untuk warga kabupaten demak, yaitu dodiramah.

“Kemudian ada inovasi yang menarik lagi yaitu dodiramah (dokumen jadi di antar kerumah), jadi tidak perlu datang ke kantor capil tidak usah kemana-mana tidak usah antri tinggal duduk manis dirumah pegang handphone kemudian silahkan daftar, setelah nanti persyaratan lengkap akan dikirim notifikasi dan siap di antar kerumah. Nanti akan ada mas-mas dari pihak ekspedisi yang datang mengantar KTP dan KIA, untuk akta kematian, kelahiran KK kami kirimkan melalui format PDF jadi  bisa di cetak sendiri di rumah dengan kertas HVS A4 80gr," jelas Lina saat di Studio RSKW 104.8 FM. Rabu (22/9).

"Inovasi ini memang kita buat karena kita melihat dari situasi pandemi ini yang belum berakhir, karena kan tidak boleh berkerumun dan ramai-ramai di kantor. Maka dari itu kita memikirkan apa nih yang dapat diperbuat untuk warga agar bahagia dan juga dari kami petugas untuk keamanan kesehatannya tetap dijaga. Karena antusias untuk pelayanan publik seperti KK, KTP akta itu sangat luar biasa sekali yang akan menimbulkan kerumunan," tutupnya.