Wabup Mabar Lepas Ekspor Perdana Melalui Bandara Komodo

Labuan Bajo - Bea Cukai Labuan Bajo menginisiasi ekspor perdana melalui Bandara Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, sebagai upaya mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan Gerakan Flores Mengekspor.

Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng, didampingi Kepala Kantor Bea Cukai Labuan Bajo Tommy Hutomo melepas secara simbolis ekspor perdana melalui Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, Minggu (26/9).

Ekspor perdana ini berupa produk moringa powder yang ekspornya dilakukan oleh CV. Surga Timur Indonesia. Produk moringa powder sejumlah total bruto 33 kg tersebut diekspor ke Hong Kong dan Singapura menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Yulianus Weng, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan ekspor perdana di Kabupaten Manggarai Barat.

“Kita sangat bersyukur menjadi saksi hidup atas kegiatan penting dan bersejarah di Labuan Bajo yaitu ekspor perdana,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Bea Cukai dan semua pihak yang telah mendukung pertumbuhan kegiatan ekspor di Manggarai Barat. Wabup Yulianus Weng yakin bahwa kedepannya akan segera tumbuh kegiatan ekspor lainnya yang lebih besar lagi.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Bea Cukai Labuan Bajo Tommy Hutomo menjelaskan bahwa ekspor ini merupakan yang pertama kali yang dilayani oleh Bea Cukai Labuan Bajo dan merupakan output dari program Gerakan Flores Mengeskpor yang dicanangkan sejak akhir tahun 2020.

Ia berharap langkah kecil ini menjadi awal yang baik untuk pertumbuhan kegiatan ekspor khususnya di Manggarai Barat dan wilayah sekitar Flores umumnya

“Semoga langkah kecil ini menjadi langkah besar berikutnya untuk mewujudkan ekspor produkproduk unggulan di Flores,” ujar Tommy.

Dalam kesempatan tersebut Tommy juga menyampaikan bahwa kegiatan ekspor perdana tersebut sukses berjalan berkat sinergi dengan berbagai pihak yaitu pemerintah kabupaten, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Otoritas Bandara Komodo dan Karantina Pertanian Ende.

“Sinergi yang telah terjalin ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan dan peningkatan ekspor, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak atas semangat dan kerjasamanya,” ucap Tommy.

Sementara itu, Pemilik CV Surga Timur Indonesia Lieta Isomartana menyampaikan apresiasi khususnya kepada Bea Cukai Labuan Bajo atas realisasi ekspor tersebut.

“Bea Cukai mendampingi kami step by step dari awal sampai akhir dan sekarang kami bisa melakukan ekspor secara mandiri, terima kasih Bea Cukai Labuan Bajo,” ucapnya.