Wawako Palembang: Posyandu Garda Terdepan Pelayanan Kesehatan

Palembang - Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan garda terdepan pemberdayaan masyarakat khususnya dalam menangani layanan kesehatan awal.

"Posyandu ini garda terdepan bagi pelayanan kesehatan pertama, khususnya bagi masyarakat kecil, ibu hamil, balita serta lansia. Perlu kita ketahui disaat kondisi pandemi, pelayanan kesehatan terus dijalankan oleh Pemkot Palembang melalui Dinas kesehatan namun tetap dengan penerapan protokol kesehatan," ujar Fitrianti, usai mengunjungi Posyandu di Jalan Silaberanti Lorong Aur Gading RT 27 RW 07, Kelurahan Silaberanti, Kecamatan Jakabaring, akhir pekan kemarin.

Ia berharap, keberadaan Posyandu untuk melayani kesehatan aktif kembali, terutama di kawasan pinggiran kota atau pelosok.

"Untuk itu kami mohon kepada dinas terkait agar bekerja keras dalam melayani masyarakat. Puskesmas harus lebih proaktif dalam melakukan monitor posyandu khususnya di Palembang," tegasnya.

Apalagi, jelas Fitri, adanya gizi buruk di suatu tempat lantaran kurangnya perhatian. Ia menegaskan, ke depan posyandu harus dilakukan pengawasan dan mana yang tidak aktif dimonitor kembali. Kemudian ada bantuan seperti obat-obatan sehingga posyandu benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat.