Bulan Bakti ke-61, Karang Taruna Ngawi Gelar Baksos

Ngawi - Karang Taruna Kabupaten Ngawi menggelar bakti sosial di Desa Klampisan, Kecamatan Geneng, dalam rangka Bulan Bakti Karang Taruna ke-61, Senin (27/9).

Hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, Anggota DPR RI Dapil VII Ina Amania, perwakikan Staf Kementerian Sosial RI yang membidangi Karang Taruna Nisfi Fahriani Azhari, Plt Dinas Sosial Tri Pujo Handoyo, Ketua Karang Taruna Ngawi Reza Al Hafidz serta perwakilan Ketua Karta Kecamatan se-Ngawi.

Wabub Ngawi, dalam sambutannya mengatakan bahwa Karang Taruna menjadi salah satu ujung tombak organisasi kepemudaan yang berperan serta dalam pembangunan daerah, termasuk dalam penanganan COVID-19 saat ini.

“Untuk itu sinergitas yang baik harus terus dibangun dengan baik,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Karang Taruna seperti disampaikan Dwi Rianto Jatmiko menjadi bagian dalam upaya pencegahan penyebaran Narkoba, pasalnya banyak ditemukan sejumlah kasus Narkoba di Kabupaten Ngawi yang melibatkan anak muda.

Terpenting lagi, diungkapkan Wabup Ngawi Karang Taruna yang terbentuk hingga tingkat desa merupakan organisasi yang menjadi bagian dari benteng gerakan radikalisme.

“Karang Taruna senantiasa bersama berada ditengah masyarakat sekaligus menjadi benteng nasionalisme, penegak NKRI, kebhinekaan sekaligus gerakan radikal,” tandasnya.

Dwi Rianto Jatmiko menambahkan, Karang Taruna juga sebagai tonggak percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Salah satunya dengan memperhatikan kelembagaannya mulai Kecamatan hingga desa dengan memasukkan peningkatan ekonomi dalam perencanaan program utama, seperti di kerajinan tenun tikar di Desa Klampisan ini,” lanjutnya.

Di kesempatan ini, Ketua Karta Kab.Ngawi Reza Al Hafidz menyampaikan, baksos ini akan diberikan 1.270 paket masker dan vitamin yang diperuntukkan bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri akibat terkonfirmasi COVID-19. Namun, karena jumlah masyarakat yang isoman tercatat sedikit, maka sebagian bantuan ini akan diberikan kepada masyarakat kurang mampu.

“Sehingga bantuan yang didistribusikan tepat sasaran,” katanya.

Secara simbolis bantuan berupa masker dan vitamin ini diberikan wabup Ngawi kepada sejumlah masyarakat, kemudian bantuan dari Kemensos diberikan kepada Karang Taruna setempat.