Pemkab Aceh Barat Terus Berupaya Wujudkan Ketahanan Pangan

Meulaboh – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Barat Evi Juwinda bersama Dinas Pangan terus berupaya mewujudkan ketahanan pangan.

"Bersama semua pihak, TP PKK turut menjaga ketersediaan, stabilitas dan akses pangan di daerah. Salah satunya dengan pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk melahirkan berbagai inovasi dalam menghasilkan produk pangan sehingga menaikkan pendapatan keluarga dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat. Organisasi usaha tani ini bertujuan sebagai penunjang ekonomi keluarga sehingga tercukupi kebutuhan pangan keluarga," ujar Evi Juwinda, saat penyerahan bantuan peralatan berupa alat pertanian ini berupa cangkul, benih, polybag, kawat kepada KWT, di halaman Kantor Keuchik Suak raya, Selasa (28/9).

Menurut Evi, jauh sebelum pandemi, kelompok wanita tani ini sebenarnya sudah cukup lama berperan sebagai salah satu tonggak penghasil pangan.

"Mereka terlibat dalam semua tahap kegiatan, mulai dari pengolahan tanah sampai dengan pemasaran hasil. Pada masa sekarang ini peran KWT di setiap desa menjadi semakin penting," ujar Evi.

"Untuk menjadi contoh, ibu-ibu KWT agar di perkarangannya ada tanaman. Dengan begitu bisa menumbuhkan semangat bagi masyarakat untuk bertanam. mari kita budayakan menanam sendiri di pekarangan rumah," sambungnya.

Evi juga berharap kegiatan ibu-ibu kwt ini secara kontinyu dan berkelanjutan. Di samping itu, dirinya juga berharap bantuan yang diserahkan oleh Dinas Pangan ini bisa bermanfaat bagi KWT.

Bantuan ini akan diserahkan untuk 12 kecamatan di Aceh Barat. Untuk tahap awal hari ini diterima oleh Kecamatan Johan Pahlawan, bantuan yang diserahkan oleh Dinas Pangan ini merupakan inisiasi dari ketua TP PKK Kabupaten Aceh Barat melalui program PKK, yang secara khusus diajukan kepada bupati.