Pemkot Pekalongan Optimistis Vaksinasi Sentuh 50 Persen Akhir September

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan optimistis target capaian vaksinasi COVID-19 khususnya bagi masyarakat umum bisa menyentuh angka 50 persen pada akhir September 2021. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kondisi Kota Pekalongan pada zona kuning level 2.

"Untuk bertahan di level 2 cakupan vaksinasi bagi masyarakat umum harus sebesar 50 persen dan bagi lansia sebesar 40 persen. Sementara cakupan vaksinasi di Kota Pekalongan per Selasa (28/9) untuk masyarakat umum tercapai 49,40% dan vaksinasi lansia baru 30,20%," beber Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan Slamet Budiyanto, Rabu (29/9).

Untuk mencapai angka 50 persen, Budi menyebutkan, langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Pekalongan yakni menggelar vaksinasi di berbagai sentra.

"Di antaranya di dua pasar tradisional hari ini dengan target 600 pedagang, vaksin massal di Gedung PIBB Jetayu dengan target 4.000 orang, serta di sejumlah sekolah MA, MTS, dan SMK," papar Budi.

Selain itu, menurut Budi, vaksin bagi masyarakat yang biasanya berlangung pagi hingga siang, kini dimaksimalkan sampai sore hari agar bisa menyasar masyarakat yang belum sempat vaksin karena bekerja.

"Hingga saat ini setidaknya sudah ada 117.783 masyarakat umum yang divaksinasi dan kurang 1.500-an orang lagi untuk bisa mencapai angka 50 persen. Sedangkan untuk lansia yang masih kurang 3 ribuan jiwa untuk mencapai angka 40 persen," terang Budi.

Budi mengatakan, jajarannya akan berupaya menggencarkan vaksinasi pada Jumat dan Sabtu pekan terakhir September 2021 sehingga semua target untuk tetap di level 2 bisa terpenuhi.