Pemkab Mabar Gandeng RS Siloam Terkait Percepatan Vaksinasi

Labuan Bajo – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) bersinergi dengan Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo untuk pengadaan vaksin Moderna bagi masyarakat.

Pada acara Seremoni Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan di RE Siloam Labuan Bajo, Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng secara simbolis menyerahkan vaksin Moderna kepada Wakil Presiden Direktur RS Siloam Grup Caroline Riady diaaksikan Kadis Kesehatan Paulus Mami dan Direktur RS Siloam Labuan Bajo Hermas Irawan, Rabu (29/9)

Untuk mendukung capaian target sasaran 250 ribu masyarakat divaksin pada November 2021 sebagaimana yang dicanangkan Pemkab Mabar, sebanyak 50 vial atau sekitar 700 dosis vaksin Moderna diserahterimakan kepada pihak Siloam Hospitals Labuan Bajo yang ditunjuk sebagai vaksinator.

Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng, dalam arahannya menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih kepada pihak Siloam Hospitals yang membantu pemerintah daerah dalam mempercepat vaksinasi COVID-19.

"Atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi kepada manajemen RS Siloam yang terus memberikan dukungan berkelanjutan dalam membantu upaya pemulihan ekonomi Pada sektor pariwisata di daerah destinasi super prioritas labuan Bajo," imbuhnya.

Ia berharap sinergi yang terbangun antara Pemkab Mabar dan RS Siloam Hospitals melalui kegiatan vaksinasi ini target percepatan vaksinasi dapat diwujudkan secara merata dan masyarakat bisa bangkit secara ekonomi.

"Hal ini akan sangat membantu masyarakat dalam kegiatan sehari-hari dan membangkitkan semangat mereka untuk terus mengembangkan sektor pariwisata di Labuan Bajo. Tentunya, percepatan vaksinasi ini juga membuat wisatawan tidak ragu berkunjung ke Labuan Bajo,” ujar Wabup Mabar Yulianus Weng.

Dijelaskannya berdasarkan data pertanggal 27 September 2021 progres vaksinasi di Kabupaten Manggarai Barat sudah menyentuh angka 79.673 orang atau 31,9 % dari total target sasaran 250.000. Kemudian kasus Covid-19 cenderung menurun secara signifikan sampai dengan saat ini.

Yulianus Weng mengimbau seluruh masyarakat Manggarai Barat yang belum mendapatkan vaksinasi agar segera mendaftarkan diri untuk divaksin.

“Mari segera divaksin! Jangan sia-siakan kesempatan ini demi kesehatan dan keselamatan diri dan keluarga tercinta. Jangan lupa, meski angka kasus COVID-19 telah menurun dan Anda telah divaksin, tetap terapkan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Pada tempat yang sama, Wakil Presiden Direktur RS Siloam Grup Caroline Riady menjelaskan program vaksinasi yang dijalankan pemerintah dari awal tahun 2021 hingga kini merupakan harapan baru bagi kita dalam memutus rantai penularan COVID-19.

"Ada optimisme yang dihadirkan melalui pengadaan vaksin, yaitu kegiatan bisnis dan operasional yang bisa bergulir kembali, kegiatan belajar mengajar tatap muka, dan lain sebagainya. Siloam Hospitals terus memberikan dukungan berkelanjutan dalam membantu upaya pemulihan ekonomi secara nasional, dan khususnya Pemda Manggarai Barat terutama pada sektor pariwisata,” jelas Caroline.

Ia mangatakan, sebagai rumah sakit swasta dengan jaringan luas di Indonesia, Siloam Grup turut serta melakukan percepatan vaksinasi tak hanya di pusat kota, melainkan ke semua daerah di mana Siloam Hospitals berada, termasuk Labuan Bajo.

"Langkah proaktif percepatan vaksinasi dilakukan dengan bersinergi bersama semua pihak, seperti Pemda Manggarai Barat dan instansi lainnya. Kami komitmen mendukung program kegiatan dari daerah ini," ujarnya.

Diketahui pelayanan vaksinasi COVID-19 RS Siloam Labuan Bajo dilakukan setiap Rabu dan Jumat. Masyarakat wajib untuk melakukan registrasi terlebih dahulu melalui link yang disediakan oleh pihak Siloam Hospitals atau dengan menghubungi Siloam Hospitals Labuan Bajo di nomor (0385) 238 1900.