Wali Kota Madiun: Pancasila Harus Jadi Pedoman

Madiun - Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh tiap 1 Oktober, kali ini diperingati dengan upacara virtual yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jumat (1/10). Tak ketinggalan, begitu juga dengan Forpimda Kota Madiun yang mengikuti upacara secara virtual itu dari GCIO Dinas Kominfo.

Suasana khidmat kental terasa sedari awal kegiatan. Wali Kota Madiun Maidi mengajak masyarakat menjadikan peristiwa bersejarah itu sebagai pembelajaran untuk lebih baik ke depan. Tak hanya itu, di momen yang jatuh tiap satu tahun sekali ini, wali kota mengatakan bahwa Pancasila harus dijadikan sebagai pedoman hidup.

"Pancasila harus didalami dan dimengerti oleh semua kalangan masyarakat. Baik muda ataupun tua," ungkapnya.

Wali Kota Maidi juga berharap sebagai alat pemersatu bangsa, Pancasila yang memiliki makna menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada itu harapannya bisa menjadi pedoman masyarakat Kota Madiun yang majemuk untuk selalu menciptakan ketentraman, keamanan, dan kedamaian di kota.

"’Peringatan jangan hanya seremonial. Tetapi harus dapat memetik hikmah dari peristiwa yang diperingati itu untuk dijadikan pelajaran dan pengalaman," terangnya.

Meski digelar secara virtual, upacara tetap berjalan khidmat.  Apalagi, dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Upacara peringatan memang hanya berlangsung di Monumen Pancasila Sakti. Sedang, forpimda mengikuti secara virtual dari daerah masing-masing. Tak terkecuali di Kota Madiun.