Bupati Agung Promosikan Batik Pemalangan

Pemalang - Memperingati Hari Batik Nasional tahun 2021, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mempromosikan sekaligus mengajak kepada seluruh masyarakat, terutama PNS dan pelajar untuk menggunakan produk batik Khas Pemalang.

Saat mengenalkan produk batik khas Pemalang atau Batik Pemalangan kepada masyarakat luas tersebut, Bupati Agung mengajak Mas dan Mbak Duta Wisata Pemalang menggelar live streaming Talkshow Bersama Mas Agung' di ruang kerja bupati, Sabtu (2/10).

Kabupaten Pemalang sendiri telah memiliki produk batik unggulan yang telah dipatenkan dengan motif khas kearifan lokal, antara lain: Sawat Rantai, Kepedak, Gemek Setekem, Parang Curiga, batik grombyang, batik bunga widuri, batik nanas madu, batik watukumpul dan masih banyak yang lain.

Bahkan sekarang ini juga terdapat motif “Gotik (Goyor Batik)” Gotik merupakan paduan dari Sarung Goyor (tenun atbm) dengan Batik. Goyor sendiri merupakan produk kain tenun khas Pemalang yang telah di ekspor hingga ke negara Timur Tengah.

"Saya harapkan kepada seluruh kepala OPD untuk ikut serta mempromosikan produk Batik Pemalangan di setiap event yang diselenggarakan oleh masing -masing OPD, khususnya kegiatan yang diselenggarakan di luar daerah Kabupaten Pemalang, dengan demikian harapannya kedepan akan dapat meningkatkan pendapatan UMKM pengrajin Batik di Kabupaten Pemalang," kata Agung.