Kominfo Gelar Webinar Literasi Digital, Produktif dan Kreatif Gunakan Teknologi Digital

Martapura - Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bersama siberkreasi dengan topik pembahasan "Indonesia Ruang Digital, Kenali Aturan Mainnya", digelar di Kabupaten Banjar, Senin (4/10) siang.

Webinar ini menghadirkan narasumber yaitu Amiruddin, Dosen Institut Agama Islam Darussalam membahas tentang Budaya Digital. Setio Budi Hendro Hutomo, Departemen Komunikasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta/ASPIKOM membahas tentang Kecakapan Digital dan M. Risanta, Dosen STIE Pancasetia Banjarmasin membahas tentang Etika Digital.

Narasumber Setio Budi Hendro Hutomo menyampaikan materinya tentang positif, kreatif dan aman di internet. Perkembangan di masyarakat sudah memasuki Society 4.0 Information Society dan Realizing Society 5.0 sesuai dengan perubahan dunia yang begitu cepat salah satunya teknologi, manusia menciptakan dan mengembangkan teknologi, setelah teknologi itu mapan akan mengatur kita.

“Kemudian teknologi itu mengatur hidup sehingga dapat mengalahkan yang lain atau penyesuaian-penyesuaian dalam kehidupan sehari-hari,seperti smartphone atau gawai yang dipakai sehari-hari dalam bekerja,” kata Setio Budi.

”Smartphone yang digunakan untuk media sosial atau berinternet harus digunakan untuk hal-hal produktif seperti untuk mempromosikan produk atau memberikan jasa kepada orang lain dan mempromosikan budaya," lanjutnya.

Sebagai penutup pemaparan, disampaikannya Setio Budi, bahwa kita yang mengendalikan teknologi bukan sebaliknya, tepat penggunaan dan bijak dalam pemanfaatannya, penggunaan teknologi digital harus produktif bukan cuma konsumen/pengguna saja, cara pandang dan cara berpikir mulai diubah bukan hanya sebagai penerima informasi dan budaya luar tetapi aktif mempromosikan dan menjual kearifan lokal.

”Selai itu belajar dan makin trampil dalam dunia digital dan bertanggung jawab dimulai secara bersama di keluarga dan komunitas,” tutupnya.