Disperindagkop Batang Berikan Pelatihan Wirausaha Baru untuk IKM

Batang - Dinas Perindustrian, Perdagangan, koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) menggelar Pelatihan bimbingan teknis wirausaha baru di bidang Industri Kecil Menengah (IKM) untuk masyarakat umum se-Kabupaten Batang.

Pelatihan ini dilakukan selama 2 hari yaitu 5 - 6 Oktober 2021. Pelatihan Kewirausahaan tersebut meliputi bidang Permebelan dan Konveksi. Sebanyak 50 orang yang mengikuti pelatihan kewirausahaan, Bidang permebelan sebanyak 25 orang dan konveksi 25 orang.

“Pelatihan digelar guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mendorong IKM baik di bidang Konveksi maupun Permebelan, agar dapat berkembang dan menghasilkan produk yang berkualitas, bermutu, desain yang bagus sesuai permintaan pasar sehingga laris dijual dimasyarakat,” kata Kepala Disperindagkop Subiyanto saat ditemui di Gedung Pramuka, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Selasa (5/10).

Dengan pelatihan ini, diharapkan peserta dari Pelatihan bimbingan teknis wirausaha baru di bidang IKM, bidang Permebelan maupun konveksi bisa menjadi juragan.

Seorang peserta pelatihan kewirausahaan bidang konveksi, Arlina Lilayanti, mengatakan, mengikuti pelatihan ini bertujuan untuk menambah ilmu kewirausahaan serta wawasan terkait usaha di bidang konveksinya, serta dapat bisa mengembangkan model-model baju yang saya rancang di rumah.

Ia berharap, setelah mengikuti pelatihan bisa lebih lancar dalam menjait dan bisa memproduksi berbagai macam busana. Sehingga, lanjut dia, nantinya produksi yang dia buat bisa di jual di konsumen dan konsumen merasa puas atas hasil jaitannya.

“Rencananya setelah mengikuti pelatihan ini, ingin membuka usaha baru di bidang konveksi dan kalau bisa juga nantinya saya akan membuat pelatihan seperti ini sehingga ilmu yang di dapatkan tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri namun juga untuk masyarakat banyak,” pungkasnya.