Kepala BNPT Harap Masyarakat Papua Nyaman dan Aman Selama PON

Sentani – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar, berharap masyarakat Papua semakin nyaman dan aman selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada 2-15 Oktober 2021. Untuk itu, BNPT dipastikan telah berkoordinasi dengan aparat keamanan dan tokoh masyarakat setempat agar PON XX di Papua dapat berlangsung dengan kondusif.

"Kami akan terus berupaya bersama seluruh aparat dan masyarakat di Jayapura, Timika, dan Merauke agar PON ini dapat berlangsung dengan kondusif," kata kepala BNPT di Papua, baru-baru ini.

Menurut Kepala BNPT, kehadirannya ke Papua merupakan bentuk komitmen BNPT dalam mengawal PON XX dari ancaman gangguan keamanan.

“Para atlet ini mengikuti 37 cabor yang pelaksanaannya dilakukan di empat titik yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke,” ujar dia.

Kepala BNPT juga mengatakan PON XX ini juga menjadi sejarah baru digelarnya perhelatan besar olahraga tingkat nasional di Tanah Papua.

Sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo yang hadir langsung pada opening ceremony PON XX Papua, dia juga berharap semua pihak menjaga fasilitas olahraga berstandar nasional dan internasional yang telah dibangun dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Selain itu, masyarakat setempat diminta memanfaatkan fasilitas olahraga ini dengan maksimal untuk memunculkan atlet-atlet aseli Papua tingkat nasional dan internasional baru dari anak-anak bertalenta di Bumi Cenderawasih ini.

"Jadi untuk anak-anak Papua jangan lupa terus berprestasi untuk Indonesia," imbuh dia.