BNNK Batang Gandeng Pelaku Seni Sosialisasikan P4GN

Batang - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Batang adakan sosialisasi anti narkoba dengan tema Pengembangan Kapasitas Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Pada Lembaga Adat dan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal, di Hotel Sahid Mandarin, Kota Pekalongan, Kamis (7/10).

Hadir menjadi narasumber pada sosialisasi kali ini Ketua Dewan Kesenian Daerah dan Penyuluh Muda BNN Kabupaten Batang

Sosialisasi kali ini dihadiri oleh para ketua lembaga adat dan komunitas di Kabupaten Batang seperti Komunitas Cagar Budaya, Komunitas Sejarah Batang, Komunitas Pecinta Keris, Persatuan Dalang, Pelaku Seni, Dewan Kesenian Daerah, FK Mitra, GENPI, dan Pokdarwis.

Kepala BNNK Batang Khrisna Anggara mengatakan, pencegahan merupakan tugas paling utama BNN dibandingkan dengan tugas pemberantasan dan tugas rehabilitasi, karena tugas ini yang menjadi objeknya adalah masyarakat yang pernah menggunakan narkotika, maupun yang belum pernah menggunakannya, sehingga cangkupanya luas.

“Yang pernah pakai (narkoba) biar stop pakai, yang belum pernah pakai biar jangan pernah pakai,” jelasnya.

Sosialisasi kepada ketua lembaga adat dan komunitas menjadi sesuatu hal yang efektif untuk dilakukan, karena komunitas selain merupakan bagian dari masyarakat, juga mempunyai ikatan yang solid, sehingga anggota akan lebih 'respect' dan lebih mendengar apa yang disampaikan oleh pimpinannya.

“Acara kesenian seperti pementasan tari, drama, dan wayang menjadi sarana penyisipan pesan-pesan anti narkoba yang efektif, namun karena kondisi pandemi tahun ini belum dapat terlaksana, sehingga Insyaallah ketika pandemi membaik, dapat dilaksanakan tahun depan,” tandasnya.