Dinpertan Demak Berikan Bantuan Dua Unit Instalasi Hidroponik

Demak – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak memberikan bantuan dua unit instalasi hidroponik kepada Pesantren Darusalam, Kelurahan Bintoro. Selain bantuan alat, pihaknya juga memberikan pelatihan ketrampilan budidaya tanaman menggunakan metode hidroponik.

Kasi Holtikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Kartika Dewi menyampaikan, budidaya dengan metode hidroponik saat ini menjadi cara yang paling efektif, mengingat kondisi lahan yang semakin sempit.

Melalui media tanam hidroponik, lanjutnya, diharapkan dapat mencukupi kebutuhan rumah tangga. Selain itu dapat meningkatkan ketrampilan dan bisa berbudidaya hidroponik serta dapat dikembangkan kedepannya.

“Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan ketrampilan bagi penerima manfaat, bisa berbudidaya hidroponik dan kedepannya dapat dikembangkan lebih lanjut. Selain itu budidayanya, bisa dikonsumsinya anak-anak pondok ya, itu juga dari jenis makanan yang sehat. Karena untuk hidroponik kan memang sudah ada medianya, jadi untuk bahan bahan kimia tidak kita gunakan,” kata Tika, Senin (11/10), saat dihubungi tin pemberitaan Diskominfo.

Pihaknya juga memberikan bantuan pengembangan tanaman melalui polybag. yang bertujuan salah satunya sebagai penghias pekarangan.

“Maksud kita yang menerima itu bisa mengembangkan budidaya tidak hanya yang hidroponik saja. Tetapi juga bisa menanam tanaman dalam polybag. Di samping bisa memperindah tanaman di pekarangan, kedepannya juga bisa untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Tika menuturkan pelatihan ketrampilan tersebut diikuti oleh 30 orang peserta. Diharapkan kedepannya dapat ditindaklanjuti oleh penerima manfaat dan menyebar ke pesantren lainnya.

“Kita harapkan apabila nantinya berhasil dari pengembangannya, kita harapkan dari pondok pondok pesantren lain juga melihat ke situ,” pungkasnya.