DHC 45 Diminta Tularkan Nilai-nilai Perjuangan

Pemalang - Dewan Harian Cabang (DHC) 45 diharapkan dapat menularkan nilai-nilai perjuangan serta dapat menjadi mitra pemerintah yang strategis dan merupakan komponen bangsa yang mempunyai misi melestarikan pesan dan nilai -nilai patriotisme perjuangan dari para pejuang.

Hal itu dikatakan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, didampingi Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo, dalam acara rapat koordinasi wilayah (rakorwil) DHC-DHD (Dewan Harian Daerah) Badan Pembudayaan Kejuangan 45 se-eks Karesidenan Pekalongan di Aula Gedung Juang 45 Pemalang, Rabu (13/10).

Lebih lanjut bupati menyampaikan, saat ini tonggak perjuangan ada pada generasi muda, namun tidak bisa dipungkiri bahwa era globalisasi saat ini didukung dengan kemajuan teknologi, apabila tidak bijak dalam mensikapi maka akan menimbulkan dampak negatif, salah satunya lunturnya nilai- nilai nasionalisme di kalangan generasi muda.

Terkait itu, bupati berharap dengan diselenggarakannya Rakorwil ini nantinya akan menghasilkan berbagai kebijakan yang mendukung terwujudnya generasi muda yang memiliki jiwa patriotisme dan semangat nasionalisme yang tinggi.

"Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dapat menumbuhkan karakter kebangsaan bagi generasi muda dalam melestarikan nilai-nilai kejuangan," harap Bupati.

Sementara itu, Ketua DHD 45 Provinsi Jateng Sutarto mengatakan, tujuan organisasi DHC 45 ini adalah untuk menumbuhkembangkan dan melestarikan nilai-nilai perjuangan 45 yang telah ditunjukkan para pejuang kemerdekaan.

Kemudian, Sutarto juga menjelaskan tentang kepengurusan pembudayaan kejuangan 45 ada 3 tingkatan yaitu tingkat nasional Dewan Harian Nasional 45, tingkat provinsi Dewan Harian Daerah 45, dan tingkat Kabupaten Dewan Harian Cabang 45.

Rakorwil DHC 45 se-Eks Karesidenan Pekalongan kali ini mengambil tema "Dengan Jiwa Semangat Nilai-Nilai Kejuangan 45 untuk Memperkokoh Terwujudnya Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh".

Rakorwil ini diikuti oleh Ketua DHC 45 Pemalang Luruh Sayono, Ketua DHD 45 Provinsi Jateng Sutarto, perwakilan DHC 45 Kabupaten Brebes, DHC 45 Kabupaten/Kota Tegal, DHC 45 Kabupaten Pemalang, DHC 45 Kabupaten/Kota Pekalongan, dan DHC 45 Kota Batang.