SMK Kandeman Batang Berencana Produksi Mobil Listrik Mini

Batang - Melihat potensi yang menonjol di bidang teknik mesin dan pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, SMKN 1 Kandeman berencana untuk memproduksi mobil listrik mini.

Hal itu dikarenakan lingkungan sekolah yang cukup luas, sehingga nantinya mobil listrik itu memudahkan para pendidik dan siswa menjangkau beberapa akses ketika mengikuti pembelajaran praktik.

Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Tengah, Budiyanto EP mengatakan, beberapa tahun kedepan produksi mobil listrik akan masif di Indonesia, maka setelah melihat langsung sarana prasarana yang cukup lengkap, dirasa memiliki potensi yang dapat dikembangkan.

“Buat saja proyek pembuatan mobil listrik mini dalam jangka waktu beberapa bulan bahkan beberapa tahun. Apalagi akan ada Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang beberapa tahun kedepan,” katanya, saat meninjau praktik pembelajaran teknik mesin, di SMKN 1 Kandeman, Kabupaten Batang, Kamis (14/10)

Kepala SMKN 1 Kandeman, Suyanta mengapresiasi saran dari Kasatpol PP Jateng, untuk membuat mobil listrik mini, karena komplek sekolah yang cukup luas.

“Sekolah kami luasnya lima hektare, sehingga untuk mengarungi lingkungan pendidikan yang seluas ini, disarankan untuk membuat mobil listrik mini, yang digunakan untuk mempermudah akses, insyaallah akan diusahakan,” jelasnya.

Ia mengharapkan kedepan para siswa untuk membuat mobil bersumber tenaga listrik.

“Saya yakin anak-anak kami bisa melihat kompetensi yang mumpuni. Namun untuk memolesnya agar lebih bagus, diperlukan adanya kerja sama dengan beberapa pihak,” harapnya.

Kedepan akan melakukan koordinasi dengan pihak Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang maupun Kawasan Industri Kendal untuk bisa berkolaborasi.