HPS 2021, Ratusan Bibit Cabai Dibagikan Gratis di Kota Pekalongan

Kota Pekalongan - Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-76 Tahun 2021 yang jatuh pada 16 Oktober, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian Pangan (Dinperpa) membagikan 300 bibit cabai rawit gratis kepada ibu-ibu yang tergabung dalam TP PKK Kota Pekalongan. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemenuhan pangan dan menjaga ketahanan pangan di masyarakat.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan pada Dinperpa Kota Pekalongan Moh Karmani mengungkapkan bahwa ratusan bibit cabai ini dibagikan karena untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan komiditi cabai yang merupakan salah satu penyumbang inflasi dan harganya sering mengalami fluktuatif di pasaran.

"Kami membagikan ratusan bibit cabai ini secara gratis kepada ibu-ibu TP PKK yang hadir pada hari ini dengan harapannya segala kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi baik polibag,pupuk,bibit tanaman,dan sebagainya," tutur Karmani, Jumat (15/10).

Karmani menyebutkan, ketahanan pangan di Kota Pekalongan yang dihitung dari indikator Pola Pangan Harapan (PPH) dan data Susenas di tahun ini mendapatkan skor 81.7. Angka ini memang menurun dibandingkan tahun sebelumnya mencapai 83, yang disebabkan oleh dampak adanya pandemi COVID-19 dengan pembatasan-pembatasan yang ada,hal ini membuat tingkat konsumsi pangan masyarakat berkurang.

Kendati demikian, pihaknya berharap di tahun 2022 mendatang,seiring dengan kondisi ekonomi dan pandemi yang semakin kondusif, serta didukung oleh anggaran yang ada bisa semakin meningkat ke depannya.

"Kami mengupayakan dengan melaksanakan kegiatan penganekaragaman pangan melalui lomba cipta menu berjenjang,pelatihan dan merintis semakin banyak kelompok baru Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) agar pemenuhan sandang, pangan dan papan di tahun 2022 bisa semakin baik," pungkas Karmani.