Pascarelokasi Pedagang, DLH Sumba Barat Bersihkan Pasar Lama

Waikabubak - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, melakukan kegiatan pembersihan Pasar Terminal Lama di Kelurahan Wailiang, setelah ditinggalkan para pedagang yang pindah ke lokasi Pasar Baru Weekerou.

Kegiatan ini dilakukan oleh petugas kebersihan beserta staf Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumba Barat.

Kepala DLH Kabupaten Sumba Barat Dedi Suyatno berharap setelah kegiatan pembersihan ini, para pedagang yang telah pindah semakin sadar dan tertib untuk tidak kembali lagi ke lokasi pasar lama.

Dirinya menyampaikan, kebersihan di wilayah setempat harus menjadi perhatian utama, karena sampah-sampah yang menumpuk di lokasi ini selain mengganggu pemandangan, menyebabkan polusi aroma yang tidak sedap, juga akan menyumbat selokan yang berakibat banjir di musim hujan.

"Terlebih saat ini kita semua tengah dalam upaya mencegah penyebaran virus corona (COVID 19), kebersihan lingkungan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan," harapnya.

Dirinya juga meminta warga di sekitar pasar untuk menumbuhkan kesadaran dalam membantu pemerintah menjaga kebersihan lingkungan di pasar lama.

Setelah kegiatan pembersihan, kini kondisi Pasar Terminal Lama lebih tertata rapih dari sebelumnya yang terdapat tumpukan sampah di sana-sini.

Hadir pula pada kegiatan pembersihan pasar lama, kepada Satpol PP, Kodim 1613 Sumba Barat, Polres Sumba Barat, camat Kota Waikabubak dan Resmob Sumba Barat.