Wisma Manda Elu Siap Tampung ODP di Sumba Barat

Waikabubak - Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, melalui tim koordinator pencegahan bersama telah menuntaskan persiapan Wisma Manda Elu untuk digunakan sebagai tempat karantina terpusat Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) sekaligus Koordinator Pencegahan COVID-19 Kabupaten Sumba Barat Y. J. Dapamerang menyampaikan bahwa DPMD beserta beberapa relawan telah melakukan persiapan dua bangunan Wisma Manda Elu berupa pembersihan, penyemprotan disinfektan, serta memasang tandon air cuci tangan.

"Kami berharap Wisma Manda Elu segera dapat dioperasikan sebagai lokasi karantina terpusat para ODP," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, dari dua bangunan tersebut terdapat sepuluh kamar yang siap digunakan.

"Sesuai dengan data yang ada saat ini sisa ODP di Sumba Barat sebanyak tujuh orang, sehingga jumlah kamar yang tersedia masih memenuhi," tambahnya.

Dapamerang mengatakan, karantina terpusat bagi ODP ini dilakukan untuk memudahkan pemantauan dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran virus corona di Sumba Barat.

"Pemerintah daerah berusaha menjamin kenyamanan para ODP dengan memberikan fasilitas lengkap di lokasi karantina, seperti kamar tidur, perabotan, ruang tamu, ruang makan, dapur, televisi dan nantinya akan disediakan jaringan internet. Selain itu, keluarga ODP dari desa yang ditinggalkan akan mendapatkan bantuan logistik dari pemda," ujarnya.

Lebih Lanjut, Dapamerang mengajak seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Sumba Barat untuk bahu membahu dalam upaya memutus rantai penyebaran virus corona dengan mengikuti langkah langkah pencegahan seperti cuci tangan pakai sabun (CTPS), menggunakan masker, jaga jarak fisik, dan tetap berada di rumah.

"Kepada desa dan kelurahan agar segera melakukan karantina terpusat bagi pelaku perjalanan dalam pemantauan di wilayah masing-masing," ujarnya.

Dapamerang tidak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh staf DPMD dan para relawan yang telah membantu melakukan pembersihan dan persiapan Wisma Manda Elu.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan dan camat Kota Waikabubak.