Bupati Aceh Tengah Sambut Peserta "Tour de Gayo"

Takengon - Ratusan pesepeda peserta even "Tour de Gayo" dari berbagai daerah dan negara yang memulai start di kabupaten Bireuen, Sabtu (16/10) sore memasuki finish Etape I di Kota Takengon, Aceh Tengah.

Kedatangan para pesepeda tersebut disambut langsung oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar, beserta jajaran Forkopimda di pelataran halaman Hotel Parkside Gayo Petro Takengon.

Dalam kesempatan tersebut, Shabela sekaligus mengalungkan medali secara simbolis kepada juara pada Etape I ini. Bupati Shabela mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh peserta dan panitia pelaksana event Tour De Gayo 2021 yang telah tiba dengan selamat di Aceh Tengah.

"Selamat datang di "kota dingin" Takengon, semoga dengan adanya event Tour De Gayo ini dapat mempererat silaturrahmi antarpecinta olahraga bersepeda, selain itu tentunya sebagai ajang promosi destinasi wisata bagi Aceh Tengah," ungkap Shabela.

Dalam kesempatan tersebut, Shabela juga mengingatkan agar para peserta tetap menjaga protokol kesehatan, meskipun saat ini Aceh Tengah sudah mengalami penurunan status zona risiko COVID-19, sekalipun kegiatan olahraga ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan imun tubuh.

"Kepada para peserta kami juga kembali mengingatkan agar tetap mematuhi prokes walaupun bersepeda merupakan salah satu aktivitas meningkatkan imunitas tubuh. Kami juga meminta maaf pada para peserta apabila saat melintasi rute menuju Takengon infrastruktur yang dilalui belum memadai," ujarnya.

Lebih lanjut Shabela menyampaikan, even ini telah tertunda pelaksanaanya selama setahun dikarenakan pandemi COVID-19, dengan peserta yang terbatas sekitar 250 Orang peserta, semoga kedepannya dapat berkelanjutan dan menjadi event tahunan, serta dengan jumlah peserta yang lebih banyak dan bahkan selain diikuti peserta lokal juga dapat menghadirkan peserta dari luar negeri.

"Kedepannya Pemda akan berupaya lebih siap dalam penyediakan fasilitas lebih memadai, karena kami yakin event ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat memberikan dampak pada percematan pemulihan sektor wisata dan ekonomi menjadi lebih baik," harapnya.

Kepada para peserta Tour De Gayo, Shabela juga tidak lupa menawarkan dan mempromosikan potensi wisata alam sekaligus mencicipi sajian kuliner khas gayo dan tentunya mencoba kenikmatan kopi Gayo.

"Akhirnya pada kesempatan ini kami juga mengajak peserta, Ayo ke Gayo, bukan hanya untuk menikmati sajian kuliner dan kopi nya tapi juga dapat menikmati panorama alam yang berada di 1.200-1.500 Mdpl," pungkasnya.