Bupati Demak Tekankan Pentingnya Kerja Sama untuk Kesejahteraan Rakyat

Demak - Bupati Demak Eisti’anah mengatakan kerja sama merupakan wahana dan sarana untuk lebih memantapkan hubungan dan keterikatan daerah yang satu dengan yang lain.

"Hal ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan daerah dalam penyediaan pelayanan umum, menyerasikan pembangunan daerah, menyinergikan potensi antar daerah dengan pihak ketiga serta meningkatkan pertukaran pengetahuan, teknologi dan kapasitas fiskal," ujar Bupati Demak Eisti’anah, dalam Rapat Koordinasi Kerjasama Daerah Kabupaten Demak, Selasa (19/10).

Dirinya menyebutkan, #etiap daerah harus memiliki inisiatif untuk membaca potensinya sebagaimana urusan wajib maupun pilihan yang telah menjadi kewenangan yang dapat dikembangkan melalui kerjasama daerah dengan pihak ketiga demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Mari wujudkan komitmen bersama dalam upaya peningkatan kerja sama daerah dengan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah lain, BUMN maupun swasta sesuai bidang tugas pokok dan fungsi,” kata Eisti di Gedung Ghradika Bina Praja.

Ia juga meminta kepada perangkat daerah untuk selalu pro aktif dalam melakukan mapping terkait kebutuhan program untuk disinergikan dengan perangkat luar daerah, pihak ketiga maupun dengan kementerian/ lembaga lainnya.

“Semua ini adalah dalam upaya mendongkrak potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam menjalin kerjasama ini, silahkan berpedoman pada regulasi kerja sama daerah melalui tim koordinasi kerja sama daerah (TKKSD) Kabupaten Demak,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Singgih Setyono menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Demak telah banyak menjalin kerjasama dengan daerah lain, pihak ketiga maupun pemerintah pusat. Seperti halnya Kerja Sama Daerah dengan Pihak Ketiga (KSDPK) Kabupaten Demak dengan luar negeri yaitu terkait kerja sama pengelolaan hutan mangrove, pemberdayaan masyarakat pesisir dengan OISCA Jepang serta kerja sama dengan Wetlands Internasional Belanda terkait penanganan abrasi.

“Semoga kerjasama ini meningkatkan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat mewujudkan Demak bermartabat, maju dan sejahtera,” pungkasnya.