Pemkot Ambon Bagikan Bantuan Sembako Tahap Pertama

Ambon - Pemerintah Kota Ambon, Provinsi Maluku, membagikan bantuan paket sembako tahap pertama di lima kelurahan, yakni Urimessing, Mangga Dua, Waihaong, Wainitu, dan Kelurahan Amantelu, Senin (20/4).

Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Ambon Syarif Hadler mengatakan, bantuan dari pemkot ini ditujukan untuk masyarakat yang kehilangan pekerjaan atau penghasilan akibat pandemi COVID-19.

"Sebagai bagian dari jaring pengaman sosial, sembako ini kita bagikan kepada tukang ojek, sopir angkot, para pengusaha kecil dan mereka yang dikategorikan miskin baru atau sementara akibat dampak dari COVID-19," ujarnya.

Syarif menambahkan, proses pembagian sembako akan dilakukan dalam beberapa tahap yang direncanakan akan berlangsung hingga sembilan bulan kedepan.

"Ini adalah tahap awal dan bantuan berikutnya akan terus kita salurkan hingga sembilan bulan kedepan. Selain sembako, Pemkot Ambon juga mulai membagikan masker kepada masyarakat melalui kelurahan/desa/negeri," ujarnya.

Dijelaskannya, sistem pembagian sembako dilakukan berdasarkan data penerima bantuan yang dilakukan oleh rukun tetangga (RT) dan diserahkan ke kelurahan/desa/negeri.

"Hal ini bertujuan agar pembagian sembako dapat diatur dengan baik sehingga tidak tumpang tindih dengan penerima bantuan lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT)," jelasnya.

Untuk tahap awal, lanjut Syarif, sembako didistribusikan sebanyak 1.000 paket, yang terdiri dari beras, minyak goreng, ikan sarden, gula, kacang hijau, biskuit, serta makanan siap saji.

"Pemerintah berharap sembako yang dibagikan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi COVID-19," harapnya.