Palembang Raih Penghargaan ProKlim

Palembang - Kepedulian Wali Kota Palembang Harnojoyo terhadap lingkungan membuahkan hasil yang cukup memuaskan, khususnya bagi Kelurahan Plaju Ulu, yakni RW 2 dan RW 6.

Pasalnya, dalam Festival lklim 2021 yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kota Palembang, khususnya kawasan Kelurahan Plaju Ulu berhasil meraih penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) yang diberikan langsung oleh Menteri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya melalui secara Virtual melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting.

"Pada hari ini, kota Palembang di Kelurahan Plaju Ulu RW 2 dan RW 6 mendapatkan penghargaan dari pusat terkait dengan program ProKlim yakni peduli akan lingkungan, di sini banyak hal yang dinilai berkat keterlibatan masyarakat," kata Harnojoyo di Rumah Dinas Wali Kota, Selasa (19/10).

Wali Kota Palembang dua periode itu juga menyampaikan, bahwa apa telah diraih oleh Kelurahan Plaju Ulu, kedepan juga mampu menjadi motivasi bagi kelurahan lainnya yang ada di kota Palembang.

"Mudah-mudahan ini jadi motivasi kita lagi bagi semua Kelurahan untuk sama-sama melihat kampung iklim yang ada di Kelurahan Plaju Ulu ini," harapnya.

Harnojoyo juga menyampaikan apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh pihak RW, RT dan seluruh masyarakat yang telah terus berusaha dalam menjaga lingkungan.

"Sesuatu hal yang baik terkait dengan kepedulian lingkungan ini bahwa kita dihargai. Di balik penghargaan ini, kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada bapak RW dan bapak RT yang ada di Plaju," ujarnya.

Selain itu, Harnojoyo juga berharap kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus membantu akan keamanan udara di kota Palembang yang juga merupakan kota Metropolitan yang layak huni.

"Ini juga atas kepedulian semua pihak, tidak hanya di Kelurahan Plaju Ulu ini saja. Dan harus kita ingat juga, apa yang kita raih ini merupakan motivasi bahwa kita bisa untuk menjadikan kota ini peduli dengan lingkungan," jelasnya.

Sementara itu, Camat Plaju Ahmad Furqon menjelaskan, pihaknya sangat bersyukur tahun ini Plaju menerima penghargaan Proklim. Karena tahun lalu melalui DLHK pihaknya mengusulkan 11 kampung lestari.

"Alhamdulillah kita menerima penghargaan Kategori Proklim dari kecamatan Plaju sebagai pembina kampung lestari," ujarnya.

Ke depan, dirinya berharap seluruh RT/RW lebih semangat lagi untuk peduli lingkungan.

"Ke depan kita usulkan Kampung Lestari di Tanjung Bubuk, mudah-mudahan kita bisa membin lebih baik lagi," pungkasnya.