Dinpertan Demak Beri Pelatihan Budidaya Jamur Tiram

Demak - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak memberikan pelatihan budidaya jamur tiram di Kampung Jobar, Kelurahan Kadilangu, Kamis (21/10).

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Heri Wuryanta mengatakan, pelatihan budidaya jamur tiram tersebut sebagai salah satu langkah membudidayakan komoditas tanaman sehat dikonsumsi.

“Saat ini sudah banyak bahan makanan yang tercampur pestisida, penyemprotan, dan mungkin aplikasi yang berlebihan. Salah satunya nanti dengan jamur tiram kan organik ya, tidak membutuhkan pestisida sama sekali. Harapannya nanti bisa sehat,” kata Heri.

Jarum tiram ini bisa menjadi pengganti daging. Menurutnya, bagi lansia yang menghindari makanan daging karena alasan kolesterol dan lainnya dapat mengkonsumsi jamur tiram tersebut. Selain itu, jenis tanaman ini cocok dikonsumsi vegetarian.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari perserikatan perempuan, organisasi masyarakat Muhammadiyah atau Aisyiyah. Pada kesempatan yang sama dilakukan penyerahan 1.500 media tanam atau baglog kepada peserta pelatihan.

Lebih lanjut Heri mengatakan, komoditas jamur tiram di Demak masih terbilang sedikit, hanya sebagian wilayah seperti di Kecamatan Mranggen.

“Di Mranggen masih ada, sebelumnya di Guntur juga ada, tapi ya timbul tenggelam. Harapannya nanti peserta setalah dilatih ya bisa praktik dan mengaplikasikannya agar tidak sia-sia pelatihannya,” tutupnya.