Bupati Batang Dukung Pembangunan Ponpes di KIT

Batang - Bupati Batang Wihaji memberikan dukungan penuh apabila kedepan akan dibangun pondok pesantren (Ponpes) di lingkungan Kawasan Industri Terpadu (KIT).

Ia berkeyakinan di manapun Pondok pesantren (Ponpes) dibangun tentu akan memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat di sekitarnya.

“Selama itu membawa keberkahan kami menyambut baik. Kalaupun nantinya akan dibangun Ponpes di sana, tidak mengapa karena sebelumnya telah ada yang dibangun di sekitarnya,” katanya, usai memperingati Upacara Hari Santri Nasional, di halaman Pendopo, Kabupaten Batang, Jumat (22/10).

Ia memastikan, rasa nasionalisme para santri sudah teruji, sebab mereka telah dididik sejak awal oleh kyai tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Penambahan kurikulum di Ponpes khusus di KIT Batang itu tergantung kreativitasnya, karena pendidikan yang diajarkan lebih mengedepankan keagamaan seperti akidah dan akhlak. Apabila nanti akan menambah keahlian, itu bagian dari inovasi masing-masing Ponpes,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Batang M. Aqsho menanggapi positif apabila wacana pembangunan Ponpes di lingkungan sekitar KIT Batang.

“Tentu ini sangat sinergi untuk mengimbangi antara kemajuan fisik dan religius. Kekuatan iman juga harus ditingkatkan melalui para santri,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam rangka Hari Santri Nasional, Kanwil Kemenag Jateng memberikan bantuan untuk memotivasi para santri agar semakin kuat imunitasnya dalam menghadapi pandemi COVID-19, yang diberikan kepada empat Ponpes.