Pimpinan Ponpes Rodlotul Muta’alimin Dracik: Raperda Pesantren Bawa Peningkatan Kualitas Santri

Batang - Rencana Raperda Pesantren yang akan segera digodog oleh DPRD Kabupaten Batang membawa angin segar bagi pondok pesantren, karena diyakini peningkatan kualitas para santri di masa depan.

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Rodlotul Muta’alimin Dracik KH M. Saefuddin Zuhri mengharapkan, nantinya setelah dibuatnya Raperda Pesantren, seluruh pesantren di Kabupaten Batang memperoleh bantuan.

“Ponpes kami kedepan berupaya meningkatkan kualitas, dimulai dari telah dibangunnya Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar-Roudloh. Sedangkan tujuan di masa depan akan dibangun SMPIT, SMAIT dan utamanya pembangunan perguruan tinggi dengan luas lahan lima hektar,” katanya, saat ditemui di halaman Ponpes Roudlotul Muta’alimin Dracik, Kabupaten Batang, Sabtu (23/10).

Ia mengapresiasi, Raperda Pesantren yang akan segera diproses, ini merupakan wujud kepekaan dan kepedulian dari para pemimpin di Kabupaten Batang. Terkait besaran anggaran yang dibutuhkan tiap pesantren tentu bervariasi, menyesuaikan kebutuhan masing-masing Ponpes.

“Jadi saya yakin Pemkab Batang bersama DPRD bisa menentukan besaran anggarannya sesuai kriteria Ponpes. Dan di Ponpes tertentu sudah punya manajemen keuangan yang berbeda-beda,” jelasnya.

Ia berkeyakinan, selama kepala daerah bersama jajaran anggota dewan berkomitmen tinggi terhadap kemajuan santri dan bangsa, nantinya akan ada dana khusus untuk peningkatan pondok pesantren.

“Semoga seluruh Ponpes bisa mendapat bantuan setiap tahunnya,” ujar dia.