Wali Kota Optimistis Kejuaraan Sepeda Gunung Angkat Pariwisata Tomohon

Tomohon - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Caroll JA Senduk optimistis kejuaraan sepeda gunung yang akan digelar November mendatang mengangkat pariwisata di daerah itu.

"Ada banyak spot wisata di sini, biar para atlet datang dan boleh menjualnya di luar sana agar supaya Kota Tomohon lebih dikenal orang banyak," sebut Wali Kota Caroll di Tomohon, Sabtu (23/10).

Caroll yang juga ketua KONI Tomohon menambahkan, pandemi COVID-19 masih berlangsung tapi semangat olahraga ini tidak boleh putus.

"Dari kegiatan ini kami mengharapkan dapat tercipta berbagai hal positif baik dari kesehatan atlet lewat peningkatan imun, efek ekonomi bagi masyarakat di saat para atlet datang hingga eksistensi nama Kota Tomohon di dalam dunia olahraga sepeda gunung," ujarnya.

Pemkot Tomohon menggelar 'Wali Kota Tomohon Mountain Bike (MTB) Downhill 2021' sebagai daya dorong bangkitnya sepeda gunung di kota

berpenduduk lebih 100 ribu jiwa itu.

"Olahraga ekstrem sekaligus dikenal sebagai wisata olahraga karena menyusur alam ini rencananya akanmenjajal lintasan Gunung Mahawu yang dikenal ekstrim hingga tingkat Asean," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tomohon, Florensianus Ventje Karundeng.

Menurut dia, kejuaraan sepeda gunung termasuk olahraga menantang adrenalin para peserta karena medannya ekstrem.

"Kami berharap penyelenggaraan kejuaraam skala nasional ini dapat didukung semua pemangku kepentingan sehingga boleh berjalan dengan sukses," ujarnya.

Dia juga optimistis, kejuaraan ini dapat mengangkat destinasi wisata yang ada di Kota Tomohon.

Ketua Panitia, Daniel Senduk optimistis kejuaraan ini dapat terselenggara dan semua pihak terkait akan bekerja maksimal untuk menyukseskannya.

“Pertama saya ingin berterima kasih kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang telah mempercayakan saya menjadi ketua panitia. Dengan bimbingan senior-senior yang ada terutama komunitas, saya siap bekerja maksimal untuk suksesnya acara ini," katanya.

Kejuaraan ini, lanjut dia, didukung sepenuhnya oleh Ikatan Sepeda Sport Indonesia Kota Tomohon dan 'Wali Kota Tomohon Mountain Bike Downhill Cup 2021' memperebutkan piala tetap dan piala bergilir Wali Kota Tomohon dan sejumlah uang pembinaan.