HDKD 2021, UPT Pemasyarakatan Pekalongan Ziarah dan Tabur Bunga

Kota Pekalongan - Jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang yang terdiri dari Lapas Kelas IIA Pekalongan, Rutan Kelas IIA Pekalongan, Bapas Pekalongan, Rupbasan Pekalongan, dan Lapas Kelas IIB Batang bersama-sama melaksanakan kegiatan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Prawira Reksa Negara Kota Pekalongan, Selasa (26/10).

Selain untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka memperingati HDKD Kemenkumham tahun 2021 ini, kegiatan ini adalah bentuk refleksi diri , mengingat kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita semua.

Jalannya acara diawali dengan upacara penghormatan, kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga, dan di akhiri dengan sesi foto bersama. Para peserta tampak bersemangat dalam mengikuti prosesi upacara penghormatan hingga tabur bunga. Susana khidmat juga tampak tergambar jelas dalam raut wajah setiap peserta upacara.

Kalapas Kelas IIA Pekalongan, Agus Heryanto selaku inspektur upacara, mengungkapkan bahwa, kegiatan ziarah dan tabur bunga ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara serentak di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia untuk mempererat tali solidaritas sosial bagi seluruh ASN di lingkungan Kemenkuham.

“Kegiatan ini merupakan satu rangkaian dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika (HDKD) pada tahun 2021. Kegiatan ini sebagai wujud meningkatkan kembali rasa solidaritas sosial kita bagi para pahlawan yang telah gugur berjuang mendahului kita semua,” tutur Kalapas Agus.

Agus menekankan bahwa, di momentum HDKD tahun ini, insan pengayoman harus terus berkomitmen meningkatkan perjuangan bangsa yang telah dilakukan oleh para pahlawan bangsa. Sekaligus, hal ini juga diharapkan sebagai refleksi diri untuk selalu menjadikan diri kita sebagai patriot bangsa dalam meneruskan perjuangan-perjuangan para pahlawan dengan meningkatkan kinerja, mendorong dan membangun pelayanan yang prima, selalu optimistis dalam melaksanakan kinerja dan pelayanan secara optimal, akuntabel, sinergis dan semakin pasti.

“Selain kegiatan ziarah dan tabur bunga, dalam peringatan HDKD Tahun 2021 ini, jajaran UPT Pemasyarakatan juga melakukan kegiatan bakti sosial dengan memberikan santunan bagi keluarga ASN di lingkup Kemenkuham yang terdampak pandemi dan menggalakkan kegiatan Kumham Peduli berupa memberikan sumbangan sosial bagi masyarakat di lingkungan sekitar yg terdampak pandemi maupun kurang mampu,” pungkasnya.