Bupati Ngawi Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Ngawi - Bupati Ony Anwar Harsono memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 di Monumen Soerjo, Kamis (28/10).

Bupati Ony Anwar, saat membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali bahwa tema peringatan Sumpah Pemuda tahun ini adalah "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh", yang menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

"Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita - cita bangsa," kata bupati.

Dalam amanatnya, Zainudin juga menegaskan bahwa tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas - batas tembok kekinian dunia.

"Memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi kreativitas tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik," lanjutnya.

Ditegaskan Menteri Pemuda dan Olahraga, persatuan pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia hari ini dan tetap eksisnya bangsa Indonesia dimasa yang akan datang.

"Berbagai fasilitas mempersatukan pemuda ada di sekeliling kita semua, ada media komunikasi yang tanpa batas, koneksi transportasi dari Sabang sampai Merauke dan fasilitas lain yang mengindikasikan hilangnya sekat - sekat jarak antar bangsa," terangnya.

Diungkapkan Zainudin bahwa pandemi COVID -19 yang masih melanda bangsa ini, tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga mempengaruhi kondisi perekonomian, pendidikan dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia.

"Oleh karenanya Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan, baik untuk menanggulangi wabah COVID -19 di bidang kesehatan maupun menanggulangi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi," ujarnya.

Di akhir sambutannya, Zainudin meminta dukungan semua pihak agar upaya yang dilakukan pemerintah bisa berdampak maksimal.

"Khususnya bersatunya niat dan ikhtiar para pemuda dalam turut serta membangun bangsa ini secara bersama-sama," pungkasnya.

Ditemui kembali usai upacara, bupati menambahkan bahwa peringatan Sumpah Pemuda kali ini memang sengaja dilakukan di Monumen Soerjo sebagai upaya peningkatan wawasan pemuda sekarang untuk mengisi kemerdekaan atas nilai - nilai perjuangan pendiri bangsa yang telah gugur.

"Selain itu mempromosikan obyek wisata yang saat ini mulai dibuka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," katanya.

Memaknai peringatan Sumpah Pemuda kali ini, Ony Anwar minta pemuda sekarang harus lebih berinovasi, giat dan berjuang menghadapi tantangan kedepan yang semakin sulit.

"Pemerintah Kabupaten Ngawi akan memastikan kesehatan jiwa dan raga para pemuda untuk menyalurkan bakatnya," tandasnya.

Bupati Ngawi berharap pemuda memiliki prestasi yang membanggakan.