Bupati Batang: Peringatan Hari Sumpah Pemuda Momen Kebangkitan

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dipimpin langsung oleh Bupati Wihaji di halaman Pendopo, Kabupaten Batang, Kamis (28/10).

Bupati Wihaji mengatakan, Hari Sumpah Pemuda Ke-93 kali ini dari Kemenpora Zainudin Amali mengambil tema “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen para pemuda yang telah dibangun dan diikrarkan pada tahun 1928.

“Bahwa tema “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh” sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa khususnya masyarakat Batang, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan mereka Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19 dan melangkah maju untuk ekonomi Indonesia,” jelasnya.

Momentum, lanjut dia, Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini, Persatuan Pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia hari ini dan tetap eksisnya bangsa Indonesia di masa yang akan dating.

“Berbagai fasilitas mempersatukan Pemuda ada disekeling kita semua, ada media komunikasi yang tanpa batas, koneksi transportasi dari sabang sampai merauke, dan fasilitas lain yang mengindikasikan hilangnya sekat-sekat jarak antar anak bangsa,” terangnya.

Diharapkan, pemuda sebagai agen perubahan (agent of change) ialah sebuah fakta sejarah yang tidak bisa dihindari, Pemuda Indonesia selalu menjadi penentu momen penting perjalanan bangsa Indonesia.