Cegah Kelangkaan, Pemkab Demak Pantau Penyaluran Elpiji

Demak - Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop UKM) Kabupaten Demak melaksanakan pemantauan penyaluran gas bersubsidi untuk mencegah kelangkaan gas elpiji 3 kilogram.

Kasi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Dindagkop UKM Siti Ulfah, Senin (1/11), mengatakan hal tersebut dilakukan untuk meminimalisisr penyaluran gas elpiji 3 kg yang tidak tepat sasaran, kelangkaan gas di pangkalan dan juga harga yang tidak melebihi harga eceran tertinggi (HET).

“Kami memastikan stok dan penyaluran elpiji 3 kg di wilayah Kabupaten Demak dan sekitarnya tetap aman, salah satunya dengan tetap terus berkoordinasi dengan berbagai pihak di lapangan,” kata Ulfah.

Pemantauan yang dilakukan oleh Dindakop UKM hanya sebatas pada agen dan pangkalan. Namun jika saat di lapangan ditemukan pelanggaran, Ulfah menjelaskan akan dikenakan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami berharap kesadaran masyarakat agar pengguna gas elpiji subsidi ini tepat sasaran dan hanya digunakan oleh masyarakat kecil kebawah. Tetapi Alhamdulilah di Kabupaten Demak tercukupi untuk kebutuhan elpiji dan HET sudah sesuai dengan aturan yang diberlakukan,” terangnya.

Ulfah menambahkan, masyarakat diimbau untuk membeli LPG 3 Kg di pangkalan resmi Pertamina. Selain harga yang sesuai, masyarakat bisa mendapatkan LPG yang terjamin kualitasnya.