321 Desa di Aceh Barat Sudah Cairkan Dana Desa

Meulaboh - Sebanyak 321 gampong atau desa tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh hingga Oktober 2021 sudah mencairkan Dana Desa tahap pertama dan kedua sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan.

Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat Marwandi di Meulaboh, Senin (1/11), mengatakan pemerintah daerah saat ini terus melakukan koordinasi dan kerja sama dengan jajaran aparatur desa, sehingga serapan Dana Desa di masyarakat dapat tersalurkan sesuai ketentuan pemerintah.

“Untuk Dana Desa tahap ketiga, baru 27 desa dari total 321 desa di Aceh Barat yang sudah mengajukan administrasi pencairan tahap ketiga,” katanya saat memberi sambutan di hadapan ratusan kepala desa di Aula Bappeda Aceh Barat.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan pemerintah daerah, terdapat kenaikan progres penyaluran Dana Desa di Aceh Barat, khususnya tahap ketiga.

Pada akhir Oktober 2021, kata Marwandi, terdapat empat desa melakukan pencairan tahap ketiga. Namun pada pekan ini, terdapat 12 desa yang telah menuntaskan pencairan Dana Desa tahap ketiga.

Untuk penyaluran bantuan langsung (BLT) pada 2021, kata dia, proses transfer dari KPPN ke rekening pemerintah desa sudah tuntas disalurkan hingga Desember 2021.

"Semoga penyaluran Dana Desa tersebut dapat segera dirasakan manfaatnya, dalam meringankan beban masyarakat di tengah lesunya ekonomi akibat pandemi COVID-19," kata Marwandi.