Pj Sekda Muara Enim Minta Penanggulangan Kumuh dan Kemiskinan Tetap Jadi Fokus Utama

Muara Enim - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani membuka langsung Diskusi Tematik 1 Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), Peran Pokja dan Forum Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) dalam pencegahan serta penanganan kumuh dengan tema “Dukungan Pemerintah Daerah terhadap penanganan kumuh di Kab. Muara Enim yang diselenggarakan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman di Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Muara Enim, Senin (1/11).

“Diskusi seperti ini sangat penting untuk dilakukan agar secara bersama-sama kita dapat membicarakan pelaksanaan berbagai program pembangunan, secara khusus dalah hal ini masalah penanggulangan kumuh dan kemiskinan di Muara Enim karena sebagaimana kita ketahui bersama penanggulangan kemiskinan menjadi prioritas dalam rencana pembangunan,” kata Emran.

Untuk itu, lanjutnya, melalui Program Kotaku ini diharapkan adanya peningkatan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan agar terwujud permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Di akhir arahannya, Emran mengintruksikan masing-masing perangkat daerah teknis yang berkaitan dengan pengembangan infrastruktur dan  ekonomi kerakyatan agar penanggulangan kumuh dan kemiskinan tetap menjadi fokus utama, karena kebijakan penanggulangan kumuh ini merupakan pekerjaan rumah (PR) bersama yang tentu tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi juga memerlukan keterlibatan semua pihak selaku pemangku kepentingan.

Turut hadir dalam diskusi tersebut, Team Leader Oc-4 Program Kotaku Provinsi Sumatera Selatan secara virtual, para Kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Muara Enim yang tergabung dalam kelompok kerja pengembangan perumahan dan kawasan permukiman (Pokja PKP) dan Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM).