Diskominfo Muara Enim Hadiri Rakernas FORK4SI 2021

Muara Enim - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muara Enim Ardian Arifanardi, diwakili Kabid Pengelolaan Data, Informasi publik dan Statistik Harry Aries Saputra menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (FORK4SI) di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/11).

Kegiatan bertema "Meningkatkan Sinergitas Pusat dan Daerah Dalam Pelaksanaan Urusan Komunikasi dan Informatika" tersebut dibuka langsun oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam sambutannya, Ganjar mengatakan, Dinas Kominfo adalah garda terdepan dalam komunikasi pemerintahan.

"Pola komunikasi Diskominfo harus berubah mengikuti perkembangan zaman. Republik ini akan berkomunikasi dengan baik berkat kerjasama kita semua," ujar Ganjar.

Sementara itu, Ketua Umum FORK4SI periode 2017-2021 Haris Suparto Tome yang sekaligus Kepala Dinas Kominfo Gorontalo mengatakan bahwa Dinas Kominfo kabupaten/kota memiliki tanggung jawab yang besar dalam melaksanakan transformasi digital sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo.

"Selain itu Dinas Kominfo saat ini merupakan satu-satunya perangkat daerah yang melaksanakan 3 urusan wajib non pelayanan dasar sekaligus yakni komunikasi dan informatika, persandian serta statistik. Namun di balik peran besar ini Dinas Kominfo di daerah hingga saat ini belum dapat merasakan stimulan dari pemerintah pusat, hal ini salah satunya disebabkan oleh belum adanya mekanisme dana alokasi khusus atau dana- dana transfer lainnya pada Kominfo RI," ujarnya.

Di tempat yang sama, Asisten Deputi Tata Kelola Pemerintahan Kemenkopolhukam Syaiful Garyadi mengatakan siap untuk memfasilitasi hambatan-hambatan yang terjadi di daerah khususnya Dinas Kominfo kabupaten/kota dengan membantu mengoordinasikan ke pihak-pihak terkait.

Senada dengan Syaiful, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan II Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Iwan Kurniawan menyambut baik aspirasi FORK4SI, namun Diskominfo Kabupaten/Kota diminta untuk menyiapkan strategi dan langkah-langkah guna menunjang kebijakan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Semarang Bambang Pramusinto terpilih menjadi Ketua Forum Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (FORK4SI) masa bhakti 2021-2023.