Pemkab Muara Enim Ikuti Peluncuran Hasil Pendataan Keluarga 2021

Muara Enim - Asisten III Pemkab Muara Enim Maryana dan jajarannyamengikuti secara virtual Peluncuran Hasil Pendataan Keluarga Tahun 2021 di Ruang Rapat Asisten III, Kamis (4/11).

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, saat memberikan sambutan mengatakan bahwa hasil Pendataan Keluarga Tahun 2021 (PK21) ini dapat dipergunakan Pemerintah daerah (Pemda) untuk melakukan perencanaan pembangunan sumber daya manusia di setiap wilayah di Indonesia.

Ia menyampaikan bahwa PK21 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia oleh kader pendataan terhitung sejak 1 April - 31 Mei 2021. Namun, pandemi COVID-19 menyebabkan pihaknya melakukan perpanjangan waktu pendataan sampai dengan 6 Juli.

Dari pengumpulan data itu, jumlah keluarga yang berhasil terdata sebanyak 68.478.139 keluarga atau sebesar 102 persen, dari jumlah yang sebelumnya ditargetkan yakni 66.828.571 keluarga.

"Terkumpulnya data melebihi target yang ditetapkan, dapat digunakan oleh pemerintah daerah untuk memetakan daerah di wilayahnya yang berpotensi memiliki potensi stunting," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Agus Suprapto mengatakan bahwa data tersebut dapat sangat membantu beberapa dimensi selain menangani permasalahan keluarga.

"Data by address tersebut akan membantu beberapa dimensi seperti dimensi kesehatan dan dimensi sosial yang lainnya," katanya.

Sementara itu, Asisten mengatakan bahwa data PK21 ini sangat membantu Pemda dalam memetakan daerah di wilayahnya yang berpotensi memiliki potensi stunting.

Menurutnya, data PK21 mampu memetakan keluarga sasaran yang berisiko melahirkan anak dalam keadaan stunting seperti keluarga sasaran dengan penapisan keluarga pra sejahtera, sanitasi, akses air bersih, rumah tidak layak huni dan pendidikan ibu yang rendah.

Turut hadir dalam acara tersebut kadis Pengenalan Penduduk Keluarga Berencana (PPKB) Muara Enim.