Disparpora Batang: Lokasi Popda Dibagi Empat Titik

Batang - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang membagi lokasi pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) di empat titik. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan di masa pandemi COVID-19.

Kepala Disparpora Batang Yarsono menyampaikan, panitia sengaja tidak melakukan upacara seremoni agar tidak terjadi kerumunan, namun diupayakan Popda tetap berlangsung dengan lancar.

“Popda dimulai 8-15 November, dengan lokasi yang tersebar di beberapa titik. Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan pencak sila di gedung Korpri, bola voli di Mako Brimob Den Por B Pekalongan, renang di DTW Kramat serta pentaque dan basket di lapangan Dracik,” katanya, saat ditemui, di kantornya, Kamis (4/11).

Di masa pandemi COVID-19, panitia memang memberlakukan pengamanan ekstra, agar semua atlet dan pendamping dipastikan aman dan nyaman.

“Atlet dan pendamping akan menjalani tes PCR terlebih dahulu sebelum pelaksanaan Popda. Saat pelaksanaan pun yang diperbolehkan masuk hanya atlet bersama pendamping, sedangkan penonton atau pendukung tidak diizinkan masuk ke lokasi,” tegasnya.

Disparpora memang memberlakukan pengawasan ketat dan pembatasan jumlah orang yang berada di lokasi, agar semua dipastikan aman dari penyebaran COVID-19.

“Para atlet harus tetap bersemangat bertanding, untuk mencari bibit-bibit unggul yang akan dipertandingkan di tingkat provinsi maupun nasional,” harapnya.

Anggota Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI), Yudha Anggarina Kurniawan menuturkan, para atlet tetap berlatih semaksimal mungkin dengan tetap merapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Hanya atlet dan pendamping yang bisa ke lokasi Cabor. Di sekitar lapangan juga disediakan tempat cuci tangan, cairan antiseptik dan disinfektan untuk mensterilkan peralatan setelah digunakan para atlet,” ungkapnya.

Ia mengharapkan, meski ditengah pandemi, Popda tetap dapat berjalan lancar, dengan prokes ketat, supaya bisa meminimalisir penyebaran COVID-19.