Bupati Aceh Barat Buka Digital Talent Scholarship 2021

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli MS membuka kegiatan pelatihan Digital Entrepreunership Academy (DEA) pengelolaan keuangan digital yang di inisiasi oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominsa) Kabupaten Aceh Barat bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Aceh Barat pada Jumat (5/11).

Kegiatan yang merupakan program dari Digital Talent Scholarship Tahun 2021 tersebut direncanakan akan dilaksanakan selama dua hari pada 5-6 November 2021 yang dipusatkan di Hotel Meuligoe Meulaboh serta diikuti oleh 100 peserta dari berbagai pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Aceh Barat.

Dalam sambutannya, Bupati Ramli MS, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, pelatihan ini sangat penting untuk menguatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Aceh Barat khususnya pada bidang digitalisasi.

"Dengan SDM mumpuni dalam dunia digital, diharapkan peranan UMKM dalam menumbuhkan pertumbuhan ekonomi daerah bisa lebih ditingkatkan lagi," tutur Ramli MS.

Untuk itu, pihaknya siap memberi dukungan untuk mensukseskan perdagangan digital tersebut dengan  membangun infrastruktur digital yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga ke kabupaten.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting guna memudahkan para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya melalui media sosial ataupun e-commerce yang akan menjangkau calon konsumen di seluruh wilayah Indonesia.

Di zaman teknologi 4.0 ini, kata dia, UMKM dimungkinkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya didaerah saja namun jangkauannya bisa mencapai skala Nasional bahkan Internasional. Untuk itu, dengan penguasaan teknologi digital yang baik, UMKM di Aceh Barat dapat melakukan ekspansi produknya secara global.

Di samping itu, Ramli MS juga mengingatkan kepada pengguna teknologi digital agar tetap waspada terhadap berbagai tindak kejahatan digital (cyber crime) yang dapat merugikan para pelaku UMKM itu sendiri seperti penipuan dan tindakan ilegal lainnya.

Ia berharap pelatihan ini bisa bermanfaat bagi para pelaku UMKM guna mendorong pertumbuhan usaha digital di Kabupaten Aceh Barat.

Selain itu, Ramli MS juga mengajak seluruh generasi muda khususnya peserta DEA 2021 ini agar berani menjadi pelaku UMKM yang kreatif dan inovatif dalam memasarkan produknya melalui teknologi digital sehingga hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing serta kemajuan ekonomi masyarakat Aceh Barat.

Sementara itu, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Irbar Samekto menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan tersebut diperuntukan untuk para pengelola UMKM di Kabupaten Aceh Barat guna mendorong peningkatan kualitas pengembangan SDM khususnya dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan daya saing anak bangsa di era digitalisasi saat ini.

Secara spesifik, kata dia, pelatihan DEA ini diharapkan dapat menumbuhkan kompetensi di Bidang digital guna mengoptimalkan kehadiran finansial inklusif sehingga pemanfaatan TIK dapat memberikan hasil bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, melalui program Digital Talent Scholarship, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber daya Manusia Kementerian Kominfo berupaya  memberikan pelatihan untuk membekali generasi muda dengan keahlian yang dibutuhkan oleh industri.

Ia berharap dengan adanya kegiatan pelatihan ini bisa menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki kreativitas tinggi serta membangun kemandirian Bangsa dengan mendorong pelaku usaha lokal untuk berkecimpung dalam pasar lokal dan luar negeri di era digital saat ini.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala BBPSDMP Kominfo Medan beserta jajarannya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten aceh Barat, Perwakilan Disperindagkop dan UKM kabupaten Aceh Barat, para nara sumber, serta para peserta DEA 2021.