Bupati Mabar Lantik Tujuh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi melantik dan mengambil sumpah janji jabatan kepada 7 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), di aula kantor Bupati, Jumat (5/11).

Ketujuh pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik tersebut sebelumnya merupakan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kemudian dimutasi ke instansi lain.

Bupati Mabar Edistasius Endi, dalam sambutannya mengatakan semoga momentum pelantikan ini menjadi semangat baru dalam menata aktivitas Pemerintahan ke arah yang lebih baik. .

“Kalian adalah orang-orang hebat dan orang-orang luar biasa. Tetap semangat terus, bekerja tanpa lelah karena tanpa kehadiran, keberadaan bapak/Ibu di instansi yang bapak ibu pimpin, saya bersama Wakil Bupati dan Sekda tentu tidak bisa mewujudkan harapan seluruh rakyat di kabupaten ini,” kata Edi Endi.

Edi Endi menegaskan agar amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dipundak saudara-saudara sekalian, benar-benar dijalankan dengan penuh perhatian, komitmen dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

"Hal tersebut penting untuk dipahami dan dijiwai, Konsekuensinya dari pelaksanaan jabatan bukan hanya dipertanggungjawabkan kepada bangsa, negara dan masyarakat semata, akan tetapi lebih dari itu dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan yang Maha Esa," tegasnya.

Dijelaskannya bahwa pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Pratama untuk kepentingan rotasi/ mutasi telah dilakukan melalui proses uji kompetensi oleh panitia seleksi dan tim asesor. Hal ini sesuai dengan amanat perturan pemerintah nomor 17 tahun 2020.

"Sebagai hasil dari proses uji kompetensi, maka saudara-saudara pejabat pimpinan tinggi Pratama yang hari ini diambil sumpah dan dilantik adalah pejabat-pejabat yang dipandang cakap dan mampu serta memiliki kompetensi yang sesuai dengan jabatan yang akan diduduki, sehingga sebagai akibat dari kesesuaian kompetensi dan kinerja dimaksud dapat mewujudkan konsep the right man on the right place dan thebright man on the right job," tegas bupati bumi Komodo tersebut.

Ketujuh pejabat yang dilantik tersebut yakni, Matheus Ngabut jabatan baru Staf Ahli bidang hukum, politik dan pemerintahan, sebelumnya kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Maria Aloisia Malung Daduk jabatan lama Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi jabatan baru Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Agustinus Rinus jabatan lama Kadis Pariwisata dan Kebudayaan jabatan baru Kadis Kearsipan dan Perpustakaan.

Theresia Primadona Asmon, jabatan lama Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, jabatan baru Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Melkior Nurdin, jabatan lama Kadis Pengendalian Penduduk ,KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sekarang menduduki jabatan sebagai kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa .

Oktavianus Andi Bona, jabatan lama Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, jabatan baru Kaban Penanggulangan Bencana Daerah.

Sebastianus Wantung, jabatan lama Kaban Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah, jabatan baru Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan.

Pejabat yang hadir pada pelantikan, Wakil Bupati Yulianus Weng, Sekda Fransiskus Sales Sodo, Kajari Mabar Bambang Dwi Murcolono, Pejabat Pengadilan Negeri Mabar, dan para Pimpinan OPD lingkup Pemkab Mabar.