Cegah Longsor, Sahabat Cakrawangsa Kabupaten Batang Tanam Pohon

Batang – Komunitas pencinta lingkungan, Sahabat Cakrawangsa lakukan aksi menanam pohon guna mencegah longsor yang kerap menimpa wilayah Dukuh Sigemplong yang terletak di Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Penanam pohon berjenis tegakan itu dilakukan Sabtu (6/11) oleh anak-anak muda Komunitas Sahabat Cakrawangsa.

“Aksi ini bukan hanya aksi reaksional pasca longsor, komunitas pencinta lingkungan ini memang punya fokus menjaga dan melestarikan alam, saya ucapkan terima kasih,” kata Pembina Komunitas Cakrawangsa, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa.

Kawasan Dukuh Sigemplong, Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang  memang rentan longsor, apalagi kondisi demografi tanah yang dinilai semakin beresiko longsor jika ditimpa hujan.

“Alhamdulillah teman-teman kita beraksi dengan cepat dan tanggap melihat potensi hujan yang semakin intens, kita khawatir jika tidak dilakukan penanam sedini mungkin bisa terjadi lagi longsor,” katanya.

Sebelumnya, kawasan itu diakuinya diguyur hujan lebat pada Senin (1/11) kemarin yang mengakibatkan longsor.

Pria yang kesehariannya bertugas sebagai Staf Khusus Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia itu intens melakukan pembinaan terhadap anak-anak muda dilingkungannya untuk lebih peduli terhadap lingkungan alam.

“Kita tidak berpikir tentang hari ini, namun hari esok. Alam ini titipan yang harus dijaga untuk masa depan anak-anak cucu kita,” ungkapnya.

Kabupaten Batang memang sangat potensial untuk di eksplorasi khususnya disektor pertanian dan wisata.

“Kita ajak anak-anak muda melihat potensi ini bagaimana menjaga, melesatarikan, sekaligus mengeksplorasi potensi ekonomi untuk rakyat,” pungkasnya.