Dinkes Batang Vaksinasi Pengunjung Minggon Jatinan

Batang - Dinas Kesehatan Batang menggelar vaksinasi yang menyasar pengunjung Minggon Jatinan yang dapat meningkatkan capaian vaksinasi hingga 50 persen. Hal ini sendiri merupakan arahan langsung dari Bupati Batang Wihaji.

Kepala Dinkes Batang dr. Didiet Wisnuhardanto mengatakan, petugas tidak menyangka jika minat warga untuk divaksinasi cukup tinggi, hingga lebih dari 200 sasaran.

“Rencana semula kalau memang minat warga sedikit, kedepan tidak dilaksanakan lagi, tapi langsung terjun ke desa-desa. Tapi realitanya animo masyarakat bagus dan ini bisa diteruskan,” katanya, saat meninjau vaksinasi dosis pertama, di Pasar Minggon Jatinan, Hutan Kota Rajawali (HKR), Kabupaten Batang, Minggu (7/11).

Ia menerangkan, peserta vaksinasi didominasi kalangan lansia dengan capaian 33,07 persen. Dan untuk capaian vaksinasi masyarakat umum hingga kini 38,74 persen untuk dosis pertama.

“Mudah-mudahan Selasa (9/11) capaian untuk vaksinasi dosis pertama bisa tercapai. Tinggal menyelesaikan pekerjaan rumah untuk meningkatkan capaian vaksinasi lanjut usia (lansia),” harapnya.

Salah satu keluarga, penerima vaksin, Prima warga Kandeman mengungkapkan, dipilihnya Minggon Jatinan sebagai tempat vaksinasi, sangat memudahkan warga yang belum divaksinasi.

“Niat pertama kami ingin vaksinasi, tapi ya sambil cari sarapan,” katanya.

Ia menyarankan, prokes harus lebih ditingkatkan lagi. Jadi kalau tiap pekan ada vaksinasi bisa lebih rapi dan nyaman.

Sebagai informasi, Minggon Jatinan merupakan kegiatan pasar mingguan yang digelar di bawah rindang pepohonan jati HKR.