Hadiri Perayaan Maulid Nabi, Bupati Buton Berikan Beasiswa Santri

Buton - Bupati Buton La Bakry menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengusung tema "Mari Kita Ikuti Keteladanan Akhlak Rasulullah SAW sebagai Wujud Rasa Cinta Kita kepada Beliau".

Peringatan kelahiran Nabi tersebut dirangkaikan dengan Wisuda Santriwan dan Santriwati ke-4 binaan Penyuluh Agama Islam non PNS Kecamatan Lasalimu, Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buton 1443 H/2021 M, di Aula Serbaguna Kecamatan Lasalimu, Sabtu (6/11).

Pengukuhan 99 santriwan dan santriwati tersebut sekaligus dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis beasiswa Gerakan Mahasiswa Islam Cinta Al-Quran (Gema Imtaq) kepada perwakilan santri berprestasi dan kegiatan wakaf Al-Quran 1 Masjid 10 Al Quran.

"Beasiswa ini merupakan program kerjasama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kementerian Agama (Kemenag) dan Pemerintah daerah Kabupaten Buton untuk memberikan beasiswa kepada santriwan/santriwati yang memenuhi syarat dan melalui proses seleksi," ungkap Bupati Buton, dalam sambutannya.

Orang nomor satu di Buton ini meminta untuk memantapkan bacaan dan hafalan para santri agar makin banyak santri yang mendapat insentif beasiswa

"Penerima beasiswa saat ini berjumlah 100 anak yang berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Buton sebagai bentuk apresiasi dari Pemda untuk meningkatkan semangat belajar para santri dan semoga kedepannya jumlah penerima akan semakin bertambah," katanya.

Ketua Umum DPW Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Provinsi Sulawesi Tenggara juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kemenag Kabupaten Buton yang terus bersama-sama masyarakat dan Pemkab Buton untuk menggelorakan seni baca Alquran dan seluruh yang berkaitan dengan kepentingan keagamaan khususnya yang beragama Islam di Buton.

"Mudah-mudahan kolaborasi ini juga menjadi catatan kebajikan kita disisi Allah SWT," tutupnya.

Sementara itu, Plt Camat Lasalimu, La Ode Zahaba mewakili masyarakat Kecamatan Lasalimu menyampaikan rasa terimakasih dan bangganya bahwa Bupati Buton menyempatkan hadir di tengah-tengah kesibukannya.

La Ode Zahaba menegaskan segera mengadakan pertemuan dengan para kepala desa dan BPD untuk menyatukan visi dan misi membangun Kecamatan Lasalimu lebih baik lagi sebagai upaya membantu program pemerintah dalam membangun daerah Buton.

Sementara itu, Rasyid Mangura, selaku pembawa uraian hikmah Maulid Nabi mengatakan di momen peringatan Maulid Nabi ini kita harus banyak meneladani dan mengikuti sunah Rasul sebagai uswatun hasanah dalam segala aspek kehidupan kita.

"Kita tahu seluruh seluk beluk kehidupan Rasulullah adalah contoh teladan bagi kehidupuna kita, dan Rasulullahpun sangat mencintai umatnya sehingga dalam keadaan sekaratul mautpun RasuLullah masih mengingat umatnya, maka mari selalu melantunkan salawat kepada junjungan Rasulullah untuk membalas rasa cinta itu," pungkasnya.