Pj Bupati Muara Enim Terima Penghargaan Nirwasita Tantra

Palembang - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memberikan penghargaan Nirwasita Tantra 2021 kepada Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar, pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Provinsi Sumsel, di Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Kota Palembang, akhir pekan lalu.

Nasrun Umar mengatakan, penghargaan yang diterima ini merupakan hasil kerja keras berbagai pihak, termasuk dukungan masyarakat dan terutama sekali Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muara Enim yang telah dengan sangat baiknya menyusun dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup.

"Saya fokus pada penertiban penambangan tanpa izin (Peti) yang selain melanggar aturan, ternyata kegiatan ini juga tidak memenuhi kaidah kelestarian lingkungan dan menjadi penyebab utama menurunnya kualitas Sungai Enim. Hal inilah yang menjadi salah satu isu yang diangkatnya dalam penilaian Nirwasita Tantra Tingkat Nasional 2021," ujarnya.

Selain penghargaan Nirwasita Tantra, Nasrun Umar juga menerima penghargaan sebagai Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) Terbaik Provinsi Sumatera Selatan tahun 2021 menyusul diraihnya penghargaan Pembina Proklim Terbaik Tingkat Nasional 2021 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI pada 19 Oktober lalu.

Penghargaan semakin lengkap karena Kepala Desa Pelakat, Kecamatan Semende Darat Laut, Kohapa dianugerahkan Piala Kalpataru Tingkat Provinsi Sumatera Selatan atas keberhasilannya meraih Piala Proklim Lestari Tingkat Nasional tahun 2020.