Mendagri Puji Manajemen Pencegahan COVID-19 di TNK

Labuan Bajo - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memuji manajemen pencegahan COVID-19 di destinasi wisata Taman Nasional Komodo (TNK) yang sangat baik.

"Saya melihat bagaimana manajemen pencegahan COVID-19 di tempat wisata sangat baik di spot-spot wisata yang ada di sana (TNK), ada protokol kesehatan yang baik. Dan juga kita melihat ada efek positif juga begitu tidak banyak yang datang, maka pertumbuhan karang, pertumbuhan ikan makin banyak," kata Mendagri saat ditanya awak media terkait destinasi wisata Labuan Bajo, di Meruorah Komodo, Senin (8/11).

Mendagri menjelaskan bahwa Labuan Bajo menjadi tempat wisata Super Premium karena keindahan laut baik potensi yang berada di atasnya maupun yang berada di dalam laut.

"jadi Labuan bajo itu ditarget sebagai tempat wisata super premium. Karna menjadi objek super premium maka apa yang menjadi main attraction-nya adalah laut, potensi terbesarnya adalah laut, baik potensi yang di atas seperti komodo dan gunung-gunung atau pulau-pulau yang bagus, pasir pantai yang bagus," jelasnya.

Berdasarkan pengalaman pribadi setelah diving di banyak spot seluruh Indonesia, menurut mantan kapolri tersebut, Komodo Island Nasional Park itu adalah satu yang terbaik.

Selain itu, lanjut Tito, kehadirannya dispot-spot destinasi premium tersebut untuk mengetahui dampak dari pandemi COVID-19 di destinasi premium tersebut.

"Orang datang kesini bukan ingin ke Labuan Bajo kotanya, namun lebih banyak ke Nasional Park-nya, maka saya kesana dan saya bisa melihat bahwa dunia tourism, dari perbincangan dengan awak-awak kapal yang membawa turis untuk diving atau kepulau mengatakan bahwa mereka saat ini pada tahap recover, baru mau memulai lagi," ungkapnya.

Ia menuturkan, sesungguhnya pada waktu pandemi mereka betul-betul terhempas karena turis-turis tidak datang

"Turis dari Eropa, Australia maupun Amerika belum banyak yang datang saat ini, sementara dari domestik lebih kurang hanya 30%. Nah sekarang situasi pandemi COVID-19 sudah mulai membaik, ini sudah mulai berdatangan, tapi saat ini masih didominasi oleh domestik," pungkasnya.