Pelaksanaan Popda Batang Tahun Ini Tanpa Ceremony dan Penonton

Batang - Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang menggelar multi event kompetisi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tanpa ada ceremony yang dilakukan melihat situasi pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan Popda tahun 2021 memang berbeda dari tahun sebelumnya yang tidak ada acara ceremony, tetapi tetap berjalan dimasing-masing lokasi dengan tidak ada suporter atau pendukung saat pertandingan semua cabang olahraga yang dipertandingkan” kata Kepala Disparpora Kabupaten Batang Yarsono saat ditemui di Kantor Disparpora Kabupaten Batang, Senin (8/11).

Dijelaskannya, pada Popda kali ini ada 16 cabang olahraga yang dipertandingkan diantaranya sepak bola, voli, sepak takraw, karate, taekwondo, atletik SD, Atletik SMP dan SMA, bulutangkis, senam, renang, panahan, pencak silat, tenis lapangan, tenis meja, bola basket, dan petanque.

Kemudian, tempat pelaksanaan sendiri lokasinya berbeda-beda seperti sepak bola ada di Stadion Sarengat dan tanggalnya mulai percabang olahraga juga beda, agar tidak berbarengan yang mengakibatkan kerumunan.

“Persyaratan bagi peserta yang mengikuti Popda kali ini kita sudah sampaikan di technical meeting bersama dengan panitia bahwa tidak boleh membawa supporter dan pesertanya harus mengikuti protokol kesehatan dengan melakukan rapid tes antigen dulu dan minimal sudah vaksin yang sudah diperbolehkan,” tegasnya.

Saat pertandingan kita juga melakukan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran satgas Covid-19 di Kabupaten Batang. Karena kita sendiri  sudah berkoordinasi dengan TNI, Polri, Satpol PP, Kesbangpol, PMI Batang, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang.

“Peserta diberikan toleransi melepas masker hanya saat bertanding saja jika sedang menunggu saya berpesan tetap memakai masker karena agar Popda ini tetap aman dan tidak ada kluster baru di sini,” ujar dia.