Masyarakat Batang Diminta Waspadai Cuaca Ektrem

Batang - Masyarakat Kabupaten Batang diminta tetap waspada, karena berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemungkinan munculnya cuaca ekstrem yang setiap saat bisa mengintai.

Camat Batang Luksono Pramudito mengimbau masyarakat khususnya di wilayah Batang bagian utara tetap waspada.

“Antara bulan Desember-Januari rawan munculnya cuaca ekstrem, seperti angin disertai hujan. Untuk mencegah timbulnya banjir, minimal jangan membuang sampah di sungai, karena Pemerintah Kabupaten Batang bersama warga setempat sudah sering melakukan pembersihan, tapi tidak begitu lama sudah ada sampah lagi,” katanya saat ditemui di Kalisalak, Kabupaten Batang, Senin (8/11).

Ia mengakui, tiap tahun Kecamatan Batang belum bisa lepas dari bencana banjir, rob, abrasi pantai maupun curah hujan yang tinggi.

“Perlu ada kewaspadaan dari masing-masing diri. Yang penting ketika terjadi bencana banjir, utamakan untuk menyelamatkan manusia khususnya lansia dan anak-anak, dengan segera dievakuasi ke posko penanggulangan bencana,” jelasnya.

Dijelaskannya, khusus wilayah Kecamatan Batang terdapat beberapa titik kerawanan bencana.

“Masyarakat patut mewaspadai wilayah Batang sebelah utara seperti Klidang Lor yang disebabkan makin dangkalnya Sungai Sambong, tambatan kapal yang kurang tertata,” ujar dia.

Di wilayah Watesalit dan Kalipucang pun rawan terjadi banjir karena penyempitan sungai dam sampah yang menumpuk, karena kesadaran masyarakat yang masih kurang tentang kebersihan lingkungan.