Pemkab Batang Tetapkan Lahan 24,9 Hektar di KITB untuk UMKM

Batang - Pemerintah Kabupaten  Batang melakukan penetapan lahan seluas 24,9 hektar sebagai pengembangan pusat kegiatan Kabupaten Batang di Marketing Gallery Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Lahan itu nantinya akan difungsikan sebagai lokasi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menghasilkan produk yang mampu mendukung ekosistem KITB.

Bupati Batang Wihaji, Senin (8/11), mengatakan bahwa penetapan lokasi ini semula direncanakan di dekat marketing gallery, namun karena kebutuhan luasan lebih besar dan kemudahan akses agar lebih strategis yang semula di zona 1 sekarang pindah ke zona 3.

“Lokasi sekarang sangat strategis dan ini menjadi solusi. Bukan karena dipindah, tapi mencari jalan keluarnya yang sama-sama lebih menguntungkan,” jelasnya.

"Saya meyakini lokasi ini tidak akan dipindah kembali karena kita dengan konsorsium PT. KITB telah menandatangani berita acara penetapan lokasi. Rencana pembangunan lokasi pusat kegiatan kabupaten dalam menampung UMKM setelah dihitung kampuan akan dimulai tahun 2023," sambungnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. KITB Galih Saksono mengatakan, lokasi pusat kegiatan kabupaten sangat strategis karena berdekatan dengan beberapa tenant berbagai macam jenis mulai dari industri tinta, alumunium, keramik, dan pipa.

“Jadi lokasinya dikelilingi berbagai macam tenant industry, sehingga bisa menghidupkan UMKM di Kabupaten Batang,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur PTPN IX Tio Handoko mengatakan, lokasi pusat kegiatan kabupaten yang sudah ditetapkan ini harus in line terhadap supply chain besar tenant yang harus berkelanjutan. Tidak hanya sekedar perpartisipasi yang menjadikan tidak tumbuh dan tidak bermanfaat bagi KITB. Karena ini cerita sustainability berkelanjutan, ini terjadi ketika kita berada di ekosistem bisnis.

“Negara masih menguji PT. KITB apakah luasan 450 Ha ditahap pertama ini sukses. Bagi Negara hadirnya investasi asing untuk menghidupkan. Terciptanya lapangan pekerjaan serta yang lain seperti apa yang dikatakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,” terangnya.

Diharapkan dia, tenant yang hadir di KITB harus bisa menumbuhkan kreativitas untuk orang lokal Kabupaten Batang. Tenant juga harus mempunyai komitmen membesarkan dan mendukung UMKM yang ada di Kabupaten Batang.