Pemkab Batang Akan Jadikan Satu TPA Sampah di KITB

Batang - Bupati Batang Wihaji berencana menyatukan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), mengingat TPA milik Pemerintah Kabupaten Batang sudah penuh.

"Rencananya sampah yang dijadikan satu di KITB disini untuk menampung sampah seluruh wilayah Kabupaten Batang, saya akan membuat surat resmi untuk TPA agar di-support,” kata Wihaji saat ditemui usai melakukan penijauan lahan di Kawasan Industri Terpadu Batang, Kecamatan Gringsing, Senin (8/11/).

Pada kesempatan itu, Wihaji juga telah berdiskusi yang kemungkinan besar akan segera dirumuskan, karena sudah mulai dibangun untuk TPA sementara.

“Jika nanti disetujui Pemerintah Kabupaten Batang tinggal mengurus administrasinya seperti apa agar ada solusi mengurus sampah yang selama ini menjadi isu umum, karena Pemda Batang sendiri tidak mempunyai lahan yang mencukupi,” jelasnya.

Lanjut Wihaji mengatakan, lokasinya sangat besar jadi tidak ada masalah dari pada nanti TPA sampahnya sendiri-sendiri.

“KITB sudah ada master plan yang dari APBN untuk dibangun TPA, cuma memang rumusannya masih kebutuhan kawasan sini saja. perhitungannya nanti akan dilakukan pengecekan kembali oleh pihak PT. KITB terlebih dahulu,” pungkasnya.