Perpustakaan Cempaka Raih Juara I Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Demak

Demak – Perpustakaan Cempaka Desa Karangturi sabet Juara I pada Lomba Perpustakaan Desa / Kelurahan Terbaik Tingkat Kabupaten Demak.

Hadiah diserahkan secara simbolis oleh Bupati Demak Eisti’anah, Rabu (10/11), pada acara Pengumuman pemenang Lomba Perpustakaan Desa / Kelurahan Terbaik Tingkat Kabupaten Demak dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan Sekolah Tingkat SMA/SMK Tahun 2021 di Aula Dinperpusar.

Selanjutnya untuk Juara II diraih Perpustakaan Srikandi Kecamatan Wonorejo dan Juara III Perpustakaan Harapan Jungsemi Kecamatan Wedung.

Adapun sertifikat akreditasi perpustakaan diberikan kepada SMA N 1 Dempet predikat A, SMKN 2 Demak predikat A, SMK Futuhiyyah Mranggen predikat B, SMA N 1 Guntur predikat B, SMA N2 Mranggen predikat B, SMK Ganesa Gajah predikat B, dan SMK N 1 Karngawen predikat C.

Bupati Eisti’anah, dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap langkah Dinperpusar yang terus melakukan inovasi kepada perpustakaan sekolah melalui penetapan akreditasi perpustakaan sekolah.

“Semoga akreditasi ini dapat menjadikan seluruh pengelola perpustakaan sekolah dapat semakin berlomba-lomba meningkatkan kompetensinya dan memberikan layanan yang bagi pengunjung,” kata Eisti.

Eisti juga berharap perpustakaan desa/kelurahan tidak hanya menjadi tempat meminjam buku dan membaca buku, tetapi dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat informasi, tempat belajar, dan berkegiatan masyarakat.

Sementara itu, Plt Kadinperpusar Bambang Saptoro Subandrio mengatakan, tujuan kegiatan ini yakni untuk menciptakan layanan dan pengelolaan perpustakaan yang sesuai standar nasional perpustakaan, apresiasi dan motivasi kepada pengelola perpustakaan guna meningkatkan kualitas perpustakaan dan layanannya.

"Hal ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi Pemerintah Kabupaten Demak untuk mengetahui perkembangan minat berliterasi masyarakat serta sejauh mana perkembangan dan pemanfaatan perpustakaan pada desa, kelurahan dan sekolah," ujarnya.

Pihaknya juga menjelaskan pada Oktober lalu Dinperpusar Kabupaten Demak mendapatkan hibah Pojok Baca Digital (Pocadi) dari Perpustakaan Nasional RI senilai Rp150 juta.

“Pocadi ini kami tempatkan di lokasi pelayanan publik selain Perpustakaan Umum yaitu di Dinas Perijinan DinPMPTSP yang insya Allah akan dioperasionalkan Desember 2021,” terangnya.

Dalam kegiatan yang sama dilakukan penyerahan bantuan buku dari perangkat daerah kepada lima perpustakaan desa terpilih sebanyak 50 ekslempar buku.